Brimob Lampung Batalyon B Pelopor Paduli Lingkungan

BrimobLampung – Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Lampung melaksanakan kegiatan penanaman rumput Vetiver di Kali Kawat, Desa Negara Nabung, Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Tengah, Rabu 19 Februari 2020

Kegiatan Penanaman rumput vetiver ini selain bertujuan untuk penghijauan akan tetapi banyak juga manfaat yang di hasilkan rumput ini seperti mencegah erosi, longsor di tebing tebing dan pingiran sungai. Rumput Vetiver ini punya banyak sekali keistimewaan diantaranya mudah hidup di cuaca ekstream suhu dingin maupun panas. Banyak sebagian orang memanfaatkan tanaman rumput Vetiver ini untuk mencegah terjadinya longsor atau pengikisan tebing tebing tanah.

Rumput Vetiver jika ditanam di lereng-lereng keras dan berbatu ujung-ujung akar Vetiver dapat masuk menembus dan menjadi seperti jangkar yang sangat kuat.Cara kerja akar rumput Vetiver ini seperti besi kolom yang masuk ke dalam menembus lapisan tanah, dan pada saat yang sama menahan partikel-partikel tanah dengan akar serabutnya. Kondisi seperti ini dapat mencegah erosi yang disebabkan oleh angin dan air sehingga Vetiver dijuluki sebagai kolom hidup.

Masyarakat  menyambut  baik Dengan penanaman rumput Vetiver diKali Kawat Desa Negara Nabung Kec Sukadana Lamtim ini dan  Masyarakat berharap agar kegiatan positif semacam ini bisa lebih di tingkatkan untuk mengurangi dampak bencana alama seperti tanah longsor dan banjir.

Sementara itu Pasi Ops Batalyon B Pelopor Akp Rasyid penanaman rumput Vetiver untuk mencegah terjadinya longsor dan banjir sebab di Kabupaten Lampung Timur terdapat banyak area kritis rawan bencana alam Banjir.

“dan Hal ini sejalan dengan Program dari kor brimob tentang ops aman nusa II Berkaitan dengan bencana alam  dengan menanam berbagai jenis tanaman seperti Rumput Vetiver dapat membantu mencegah terjadinya banjir yang dapat merugikan banyak pihak,” Tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 1 =