5 Kecamatan di Lampung Selatan Bakal Mekar jadi Kabupaten Bandar Lampung

30/07/2024 18:00:00 WIB 1.618

tribratanews.lampung.polri.go.id. WAKTU LAMPUNG, Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bandar Lampung, Provinsi Lampung, dibahas Pemkab Lampung Selatan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD setempat di Ruang Banggar DPRD Lampung Selatan, Kamis, 25 Juli 2024 lalu.

RPD terkait pemekaran Kabupaten Bandar Lampung itu juga dihadiri Panitia Pemekaran Natar Agung. Dalam RPD itu dibahas sejumlah persyaratan pemekaran Kabupaten Bamdar Lampung tersebut. Pemkab Lampung Selatan memastikan mendukung terbentuknya DOB Kabupaten Bandar Lampung. Dalam RPD itu, Staf Ahli (Sahli) Bupati Lampung Selatan Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Anton Carmana, menyebut jika usulan pemekaran Kabupaten Bandar Lampung harus memenuhi kententuan berlalu, salah satunya syarat administratif.

Syarat administratif dimaksud, yakni persetujuan bersama antara DPRD dengan kepala daerah melalui forum sidang paripurna DPRD di tingkat kabupaten.

Namun, persetujuan bersama itu belum terpenuhi karena memang belum digelar. Sementara Kabag Pemerintahan Setkab Lampung Selatan, Setiawansyah, menyebut dasar digelarnya paripurna persetujuan bersama antara DPRD dengan kepala daerah soal usulan DOB Kabupaten Bandar Lampung, yakni laporan dari panitia belum pihaknya terima. Tak hanya saat ia menjabat kabag Bagian Pemerintahan. Tetapi juga ke kabag sebelumnya.

''Kami telah berkoordinasi dengan pejabat (Kabag) sebelumnya, dan hingga kini belum ada laporan dari panitia pemekaran terkait usulan pemekaran DOB Kabupaten Bandar Lampung," kata dia dilansir dari laman resmi Pemkab Lampung Selatan. “Sehingga memang tidak bisa diusulkan. Jadi nanti jika memang ada laporan yang disampaikan panitia mengenai apa yang telah dilaksanakan dan sesuai dengan aturan, seperti musyawarah desa, ini akan kami pelajari beserta tim. Dan ini menjadi dasar untuk diusulkan ke DPRD, untuk menjadi persetujuan bersama, dan selanjutnya nanti akan dibawa sampai ke sidang paripurna DPRD," ujar Setiawan.

Ada lima kecamatan di Lampung Selatan yang bakal membantuk DOB Kabupaten Bandar Lampung. Lima kecamatan itu, yaitu Kecamatan Natar, Jati Agung, Tanjung Bintang, Merbau Mataram, dan Tanjung Sari.***

Sumber PIKIRAN RAKYAT

in Sekelik

Share this post