Amankan Nataru, Polres Pringsewu Libatkan 500 Personel Gabungan

21/12/2022 10:35:00 WIB 27

Tribratanews.Lampung.polri.go.id Pringsewu| Polres Pringsewu Polda Lampung menggelar latihan pra operasi Lilin Krakatau 2022 dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023 di aula Mapolres setempat. Rabu (21/12/22)

Latpra operasi lilin krakatau ini dibuka oleh Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi yang diwakili Kabag Ops Kompol Hi Kisron dan dihadiri para pejabat utama Polres, para Kapolsek dan personel yang terlibat dalam operasi lilin.

Kabag Ops Kompol Kisron menyampaikan, jika rapat tersebut dilaksanakan untuk persiapan pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023 diwilayah Kabupaten Pringsewu.

“Kegiatan ini untuk memastikan Operasi Lilin krakatau 2022 dapat berjalan baik, artinya kita koordinasikan apa yang akan kita lakukan. Memastikan bukan hanya keamanan, namun juga kenyamanan masyarakat,” ucap Kompol Kisron saat ditemui awak media usai memimpin Latihan Pra Operasi Lilin di Mapolres setempat.

Dikatakan Kabag Ops, jika operasi lilin krakatau 2022 tersebut akan dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Dalam operasi lilin krakatau 2022, Polres Pringsewu melibatkan 500 personel gabungan yang terdiri dari jajaran kepolisian, TNI, Satpol-PP, dishub, Dinkes dan Senkom.

Selain personel, pihaknya juga sudah menyiapkan dua pos yang terdiri dari 1 pos pengamanan yang berlokasi di area pasar Pagelaran dan 1 pos pelayanan yang berlokasi di rest area Pekon Wates, Gadingrejo, Pringsewu.

Dari 500 personel gabungan itu, kata Kisron, selain ditempatkan di pos pengamanan dan pos pelayanan juga akan disiagakan untuk mengamankan ibadah misa di 29 gereja yang tersebar di kabupaten Pringsewu.

"Selain itu juga untuk mengamankan 29 obyek wisata, 19 pusat perbelanjaan dan 3 objek lokasi yang digunakan masyarakat saat merayakan malam tahun baru," jelasnya

Sementara itu kasat lantas Iptu Khoirul Bahri menambahkan, guna mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas, satuan lalulintas polres Pringsewu sudah menyiapkan puluhan personel untuk menempati titik ploting dilokasi rawan kemacetan.

"Seperti di simpang terminal, simpang urban, depan mall Candra dan depan multi mart 1000 Sidoharjo," terangnya.

Tak hanya itu  juga sudah menyiapkan jalur pengalihan arus lalu lintas jika sewaktu waktu terjadi kemacetan dipusat kota Pringsewu.

"Skenario yang di siapkan yaitu, Arus lalin dari arah bandar Lampung akan dimasukan jalur alternatif simpang lang-lang buana tembus simpang Gung kancil Pajaresuk. Sementara arus lalin dari kota agung akan melalui jalur alternatif simpang jalan olahraga yang nantinya akan tembus di gang Pusri Sidoharjo," sebutnya

Guna mendukung kesuksesan operasi lilin tersebut, kasat lantas mengimbau masyarakat untuk disiplin dan tertib dalam berlalulintas serta mematuhi instruksi petugas di lapangan.

Khoirul juga meminta para pengguna jalan yang kelelahan atau mengantuk untuk segera beristirahat di pos pengamanan dan pos pelayanan yang telah disediakan Polri.

"Harapannya agar tidak sampai terjadi kecelakaan lalulintas yang bisa berpotensi menyebabkan korban jiwa atau luka luka." Tandasnya 

Share this post