https://tribratanews.lampung.polri.go.id/vendor/bin/
Angka Arus Balik Lebaran 2024 Melandai, 30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta
17/04/2024 12:30:00 Views : 1476

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyampaikan, pihaknya telah mencabut pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way di KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali. Hal itu lantaran arus balik lebaran 2024 terpantau landai meski sekitar 30 persen pemudik belum kembali ke Jakarta.

“Kemudian dari KM 70 sampai dengan KM 47 saat ini kita masih membuka tiga lajur contraflow, sedang proses untuk memperkecil menjadi dua lajur karena situasi arus lalu lintas dari Trans Jawa, kemudian dari mana selatan, Bandung ya ini menunjukkan angka yang melandai ya,” tutur Aan di KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) , Selasa (16/4/2024).

Aan berkesimpulan, volume kendaraan masuk ke angka normal dengan memperhatikan kondisi di setiap ruas jalan tol dan arteri. Untuk di Tol Japek sendiri petugas hanya membuka dua lajur contraflow, mulai dari KM 70 sampai dengan KM 47.

“Kemudian masih ada tersisa yang belum kembali ke Jakarta sekitar 30 persen lebih, baik itu di 4 Gardu, maupun di KM 66 yang menjadi titik krusial,” jelas dia.

Dengan pelaksanaan kebijakan Work From Home (WFH) ASN, Aan berharap pemudik arus balik lebaran pada dua hari ke depan masing-masing tinggal tersisa 15 persen. Dengan angka yang lebih kecil, diharapkan petugas dapat memberika pelayanan maksimal bagi masyarakat tanpa perlu melakukan rekayasa lalu lintas.

“Tapi kalau ada peningkatan arus ya dari Timur maupun dari Selatan, kita sudah siapkan beberapa rekayasa lalu lintas yang akan kita laksanakan. Terutama di Tol Jakarta-Cikampek, di titik krusial KM 66, kita akan melaksanakan contraflow ya, dua lajur maupun sampai ketiga lajur, tergantung situasi arus lalu lintas,” Aan menandaskan.

Sumber liputan6.com


-->