Antisipasi Radikalisme, Polri Tekankan Pentingnya Upaya Kontra Radikal

25/07/2024 19:30:00 WIB 1.552

tribratanews.lampung.polri.go.id. Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menekankan pentingnya upaya kontra radikal untuk mengantisipasi ancaman radikalisme yang semakin mengkhawatirkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Trunoyudo Wisnu Andiko dalam acara Focus Group Discussion (FGD) bertajuk 'Terorisme adalah Musuh Kita Bersama', yang diadakan di Pondok Pesantren Al-Musthofa, Kendal, Jawa Tengah.

Trunoyudo menjelaskan, kontra radikal merupakan upaya strategis yang bertujuan membangun ketahanan individu dan kolektif masyarakat guna mencegah pengaruh radikalisme.

"Kontra radikal merupakan upaya membangun personal guna mencegah paham radikalisme yang saat ini banyak diembuskan oleh kelompok tertentu melalui berbagai elemen dengan tujuan mengubah paham seseorang menjadi radikal, ungkap dalam keterangannya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini, juga menambahkan upaya kontra radikal untuk mencegah ancaman radikalisme ini harus dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Selain forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), dia juga menekankan perlunya partisipasi aktif dari tokoh agama, masyarakat, adat, dan pemuda. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat benteng sosial terhadap penyebaran paham radikal.

Sumber PMJ NEWS 

Share this post