https://tribratanews.lampung.polri.go.id. - Ramai beredar pesan WhatsApp di kalangan masyarakat perbaikan jaringan listik di Lampung memakan waktu hingga 8 hari. Pesan itu beredar secara berantai di sejumlah grup dan broadcast mengatasnamakan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung.
Pesan yang beredar sejak Rabu (5/6/2024) ini berkaitan dengan terganggunya transmisi listrik pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat yang terjadi sejak Selasa (4/6/2024).
Manager Komunikasi PLN UID Lampung, Darma Saputra, memastikan kabar tersebut adalah hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Dia mengatakan, informasi terkait perkembangan perbaikan jaringan bisa dicek langsung di akun media sosial PLN UID Lampung. Menurut Darma, proses pemulihan jaringan listrik di wilayah Lampung masih terus dilakukan secara bertahap.
"Pemulihan dilakukan dari sisi pembangkit, transmisi, dan distribusi," kata dia saat dihubungi, Rabu malam.
Darma menjelaskan, hingga Rabu (5/6/2024) pukul 20.30 WIB, sebanyak 1.007.088 pelanggan telah kembali menyala. Jumlah ini hampir 50 persen dari total 2.661.557 pelanggan di 15 kabupaten/kota di Lampung. "PLN UID Lampung terus berupaya lakukan penormalan bertahap sehingga masyarakat bisa kembali menikmati listrik," pungkas dia.
Sumber : KOMPAS.com