BMKG Beri Peringatan Dini Gelombang Tinggi Wilayah Perairan Lampung dan Selat Bangka

09/03/2024 14:20:00 WIB 1.077

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Bandar Lampung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) Maritim Lampung mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi wilayah perairan Lampung dan Selat Bangka.

Tinggi gelombang sedang hingga sangat tinggi mulai 1.25 - 6 meter berlaku mulai 9 sampai dengan 10 Maret 2024.

"Peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang di Perairan Lampung dan Selat Bangka, adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Laut Australia diperkirakan berlangsung selama sepekan kedepan," kata Prakirawan BMKG Maritim Lampung, Eka Suci Puspita, Sabtu (9/3/2024).

Dari prakiraan peringatan dini ini, Eka menjelaskan, tinggi gelombang sedang mulai 1.25 - 2.5 meter berpotensi terjadi di Teluk Lampung bagian Utara, Perairan Timur Lampung, dan Selat Bangka.

Kemudian tinggi gelombang tinggi 2.5 - 4.0 meter berpotensi terjadi di Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Barat, dan Teluk Lampung bagian Selatan. Kondisi tinggi gelombang sangat tinggi atau bisa mencapai ketinggian 4.0 - 6.0 meter berpotensi terjadi di Samudera Hindia Barat Lampung.

"Waspada kecepatan angin dapat mencapai 35 knot di seluruh wilayah Perairan Lampung dan Selat Bangka. Peningkatan angin juga terjadi di pelabuhan dan pesisir di wilayah Perairan Lampung dan Selat Bangka," katanya.

Sejalan dengan ini, Eka menambahkan, kondisi alam semacam ini secara umum dapat mengganggu aktivitas pelayaran dan pesisir wilayah setempat.

Maka masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

"Terkhusus untuk para nelayan di wilayah perairan Lampung waspada! Angin dapat mencapai 30 Knot," tutupnya.

Share this post