BMKG Ingatkan Risiko Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Lampung Hingga Selatan Jawa

02/09/2024 17:20:00 WIB 184

tribratanews.lampung.polri.go.id. TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini soal potensi gelombang tinggi di berbagai perairan domestik pada 1-2 September 2024. Merujuk keterangan resmi BMKG, peningkatan gelombang laut hingga setinggi 2,5-4 meter berpotensi terjadi di Samudra Hindia Barat Kepulauan Enggano-Lampung dan Samudra Hindia Selatan Jawa.

“Gelombang tinggi akibat pola angin tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran,” begitu bunyi pernyataan resmi BMKG yang diterbitkan pada Ahad, 1 September 2024.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan berkisar 8-25 knot. Dengan laju yang sama, angin di Indonesia bagian selatan juga sedang berhembus dari timur ke tenggara. Menurut laporan BMKG, kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudra Hindia Barat Bengkulu-Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, Laut Natuna Utara, hingga Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua Barat.

Peringatan dini itu juga berkaitan dengan potensi gelombang setinggi 1,25-2.5 meter. Potensi tersebut ada di perairan utara Pulau Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia Barat Aceh-Kepulauan Mentawai, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa-Pulau Sumba, serta Selat Bali-Lombok-Alas-Sape bagian selatan. Ada juga kondisi serupa di Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Samudra Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara Timur, Laut Natuna Utara, Kepulauan Sangihe-Talaud, Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua Barat, serta Laut Arafuru bagian timur dan tengah.

Tim BMKG mengimbau nelayan agar mewaspadai angin yang kecepatannya lebih dari 15 knot. Kapal ikan juga harus mewaspadai gelombang laut yang tingginya melebihi 1,25 meter. Adapun kapal tongkang harus memperhatikan risiko angin lebih dari 16 knot dan gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal penyeberangan diminta mewaspadai angin sekencang kebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Kapal besar, seperti kargo maupun pesiar, harus mewaspadai kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” begitu isi peringatan BMKG.

Sumber tempo.co

Share this post