Dahsyat, Ini Lima Manfaat Air Zamzam Bagi Kesehatan Tubuh

04/08/2024 17:40:00 WIB 1.242

tribratanews.lampung.polri.go.id. Air Zamzam memiliki berbagai manfaat dengan kisahnya yang sudah masyhur sejak 2.000 tahun sebelum Masehi. Sumur Zamzam menjadi sumber air yang tak pernah kering dan selalu dinantikan oleh para jamaah haji dan umrah.

Air Zamzam dikenal memiliki kandungan mineral dan elemen unik yang menjadikannya memiliki manfaat kesehatan lebih banyak dibandingkan air biasa.

Berdasarkan berbagai penelitian ilmiah, air Zamzam menunjukkan kualitas yang konsisten dan tahan lama, bahkan setelah disimpan selama dua tahun. Selain itu, mikroba tidak dapat tumbuh dalam air yang berasal dari sumur Zamzam.

Penelitian yang dilakukan oleh Naeem dan Alsanussi pada tahun 1983 menemukan 34 elemen yang terkandung dalam air Zamzam. Beberapa kandungan mineral utama yang ditemukan dalam air Zamzam adalah sebagai berikut.

- Kalsium (Ca)
- Magnesium (Mg)
- Sodium (Na)
- Klorida (Cl)

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (4/8/2024), berikut penjelasan tentang manfaat air Zamzam:.

1. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi
Air Zamzam kaya akan elektrolit dan mineral, menjadikannya sangat efektif dalam mencegah dan mengatasi dehidrasi. Ini sangat berguna terutama di iklim yang kering dan panas, serta selama berpuasa ketika tubuh lebih rentan terhadap kekurangan cairan.

2. Menurunkan Risiko Kanker
Sifatnya yang basa dan kandungan mineral yang tinggi membuat manfaat air Zamzam diyakini dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya sel-sel kanker.

Namun, untuk efektivitas pencegahan kanker, penting juga untuk menjalani pola hidup sehat, termasuk tidak merokok, menjauhi alkohol, rutin berolahraga, dan mengelola stres.

3. Mencegah Gigi Berlubang
Kandungan zat bikarbonat dalam air Zamzam dapat menetralkan pH air liur, sehingga mencegah kerusakan dan karies gigi. Selain itu, kandungan fluoride dan kalsium yang tinggi membantu melindungi gigi dari kerusakan dan mencegah gigi sensitif.

4. Mencegah Osteoporosis
Air Zamzam memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan air biasa, sekitar 300-340 mg/L. Kalsium ini membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, menjadikannya minuman yang baik untuk kesehatan tulang.

5. Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan kalium dalam air Zamzam penting untuk mengatur detak jantung, tekanan darah, dan pergerakan otot. Dengan asupan kalium yang cukup, tekanan darah dapat lebih terkontrol, mengurangi risiko hipertensi.

Kombinasikan dengan pola hidup sehat seperti mengurangi garam, berolahraga, dan menjauhi stres untuk hasil yang optimal.

Sumber PMJ NEWS 

Share this post