Debat Kelima Pilpres 2024 Diusulkan Tanpa Penonton, KPU: Tetap Ada Tim Paslon 75 Orang

29/01/2024 09:43:00 WIB 1.241

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.    okezone.com JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan format debat kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sama. Termasuk jumlah penonton yang hadir di tempat debat yakni sebanyak 75 orang.

“Format debat termasuk penyelenggaranya tetap, tetap ada tim pasangan calon yang jumlahnya 75 orang, jadi tetap,” kata Ketua KPU, Hasyim Asy'ari dalam keterangannya usai pelantikan KPPS di Jakarta, dikutip Jumat (26/1/2024).

Hasyim sebelumnya juga telah menyampaikan hasil evaluasi pada penyelenggaraan debat Capres-Cawapres yang telah berlangsung sebanyak empat kali. Bahkan, KPU memang telah mengatur adanya rapat evaluasi bersama dengan masing-masing tim paslon serta televisi penyelenggara.

Evaluasi ini, kata Hasyim, akan disampaikan masing-masing pihak apabila ditemukan adanya catatan-catatan yang menyangkut hal teknis pelaksanaan debat. “Catatan-catatan, masukan, kritik, saran dari masing-masing tim pasangan calon nanti disampaikan pada KPU dan akan dirumuskan catatan-catatan pentingnya apa,” ujarnya.

Dia menjelaskan, hasil rapat evaluasi pelaksanaan debat keempat ini juga akan diteruskan untuk menjadi catatan penting untuk perbaikan pada pelaksanaan debat kelima nanti. “Nanti ada saatnya kalo sudah ada evaluasi akan disampaikan perkembangan hasil evaluasi,” bebernya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai kehadiran penonton pada saat debat mengganggu konsentrasi Capres-Cawapres peserta debat. “Catatannya noise (mengganggu). Suporternya terlalu noise (mengganggu), bahkan cenderung mengganggu,” ungkap Ketua Bawaslu Rahmat Bagja beberapa waktu lalu.

Pasalnya, kata Rahmat seringkali penonton debat ikut berkomentar pada saat Capres-Cawapres melaksanakan debat. “Kalau namanya mengganggu ya kan sudah diliput TV kan, kehadiran suporter apakah perlu jadinya kan. Sudah berapa kali kita melihat suporter itu berkomentar, pada saat capres dan cawapres berdebat. Oleh sebab itu, itu kan mengganggu,” pungkasnya.

Sumber : okezone.com

Share this post