Dinkes DKI Ingatkan Pentingnya Pakai Masker Selama Libur Nataru

19/12/2023 11:04:00 WIB 1.243

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.      Jakarta. Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker dan rajin mencuci tangan selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Hal itu penting dilakukan terutama bagi kelompok rentan.

Kelompok rentan yang dimaksud antara lain lanjut usia (lansia), orang berusia di atas 50 tahun, belum melengkapi vaksinasi COVID-19, memiliki komorbid hipertensi, diabetes, stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, kronis, kanker, TBC, HIV, dan gangguan imunitas lainnya

"Masyarakat yang ingin berlibur terutama kelompok rentan penting memakai masker dan menyiapkan hand sanitizer (pembersih tangan) karena bisa mencegah dari penyakit menular pernapasan, pencernaan, dan juga polusi udara," ujar Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama dikutip dari Antara, Senin (18/12/23).

Ia menyebut, liburan akan semakin aman jika sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis tambahan atau vaksin booster dan melakukan deteksi dini secara mandiri. Apalagi, pada fase endemi ini kesehatan sudah menjadi tanggung jawab masing-masing.

“Untuk mencegah penularan virus COVID-19 adalah dengan memperketat protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker terutama di tempat keramaian, mencuci tangan, menghindari asap rokok, dan menjaga ventilasi dalam ruangan dengan baik,” ungkapnya

Sumber :
https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post