Dipercaya Bawa Tank, Polwan Asal Tulang Bawang ini Wakili Polda Lampung di Pasukan PBB ke Afrika

13/07/2021 18:43:34 WIB 181

TribrataNewsPolriLampung-Bandar Lampung-Polda Lampung mencatatkan satu anggotanya ikut misi perdamaian dunia, di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations (UN). Dialah Brigadir Satu (Briptu) Sarining Pangestuti (24) yang tinggal di Kabupaten Tulang Bawang dan sehari-hari bertugas di Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tulang Bawang.

 

Sari panggilan akrabnya yang merupakan anak kedua dari dua bersaudara ini bergabung dalam kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU) 3 Minusca yang bertugas di Bangui, Afrika Tengah,  September nanti. Pada Agustus 2020, Briptu Sari melaksanakan pendaftaran dan mengikuti tes seleksi misi internasional pasukan PBB Polri yakni FPU (Formed Police Unit) 3 Minusca.

 

Beberapa tes yang dilalui yakni psikologi, komputer, kesehatan, jasmani, bahasa Inggris, menembak, test mengemudi. “Dari 12 peserta yang mengikuti test di Polda Lampung pada Februari 2021, saya mendapatkan hasil pengumuman misi internasional ke negara Central Africa. Ternyata saya berhasil lulus dan terpilih dalam proses seleksi ini dan menjadi salah satu dari 154 orang se-Indonesia dan menjadi satu–satunya perwakilan polwan dari Polda Lampung yang berhasil lolos terpilih dalam misi ini," kata Briptu Sari, Senin (12/7/2021)

 

Dia mengatakan, pada awal April 2021, dia memulai pelatihan FPU 3 Minusca yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan (Pusdik) Lantas, Serpong, Banten. Dia mengikuti kegiatan pelatihan selama lima bulan yang rencananya akan melaksanakan penugasan (deploy) pada awal September 2021. Dia pun mengikuti rangkaian pelatihan bersama peserta lainnya sebanyak 154 personil.

 

Dalam misi ini, Briptu Sari menjadi polwan satu satunya yang dipercaya untuk mengemudikan kuda besi tempur berlapis baja yakni kendaraan Armoured Personnel Carrier (APC) Phantom milik PBB. Siapa sangka prosesnya sangat tidak lama dan saat ini dia sudah mahir dan mampu menguasai kendaraan lapis baja tersebut.

 

“Saya bangga sekali karena menjadi salah satu perwakilan yang lolos dalam seleksi dan berkesempatan untuk mengikuti pelatihan hingga pemberangkatan misi September ini. Banyak sekali yang menjadi alasan untuk memilih mengikuti misi PBB ini, karena pastinya banyak pengalaman yang saya dapatkan di luar tugas saya sehari-hari sebagai anggota Unit Tipidkor Satreskrim Polres Tulang Bawang," kata dia.

 

Atas kepercayaan itu, dia meningkatkan kapabilitas sebagai anggota Polri dan dalam berbahasa Inggris dan Perancis. "Tak hanya itu, saya juga memperoleh banyak rekan kerja yang saya anggap sebagai keluarga baru saya dari beragam satuan kerja dan fungsi dari seluruh Indonesia,” kata Sari.

 

Pada bagian lain, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, contoh figur seperti inilah yang diharapkan pimpinan Polri untuk menjadi contoh penyemangat bagi para brigadir Polri khususnya di Polda Lampung. "Semoga bisa senantiasa berkarya dan mengukir prestasi dikancah internasional untuk membawa harum nama baik Polri," kata Pandra. 

in Hukum

Share this post