Doa Awal Tahun Baru Islam 1446 Hijriah dan Keutamaannya, Baca Ba’da Maghrib Hari Ini Sabtu 6 Juli 2024

06/07/2024 20:00:00 WIB 1.470

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta - Berdasarkan kalender Hijriah yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag) RI, tahun baru Hijriah jatuh pada Ahad, 7 Juli 2024. Pergantian tahun baru Islam terjadi pada Sabtu, 6 Juli 2024 petang yang bertepatan pada 29 Dzulhijjah 1445 H.

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, muslim dianjurkan membaca doa. Doa awal tahun Hijriah dibaca sebanyak tiga kali ba’da Maghrib hari ini, dilakukan secara berjemaah atau sendirian.

Doa awal tahun Hijriah yang sering dibaca adalah yang dibagikan Habib Utsman bin Yahya dalam kitabnya Maslakul Akhyar. Habib Utsman adalah seorang Mufti Jakarta abad ke-19-20 M.

Keutamaan Baca Doa Awal Tahun Hijriah

Para guru, kiai, ustadz di Indonesia sering menganjurkan membaca doa awal tahun dari Habib Utsman bin Yahya. Menurut KH Sholeh Darat, orang yang membaca doa awal tahun tersebut akan membuat umat Islam dari godaan setan.

“Barangsiapa membaca doa ini tiga kali di awal bulan Muharram setelah salat Maghrib, maka sesungguhnya setan itu mengucapkan bahwa anak Adam ini sudah aman dalam sisa umurnya selama tahun itu. Sebab Allah SWT memberikan asisten berupa dua malaikat untuk menjaganya agar tidak digoda setan,” demikian dikutip dari NU Online, Jumat (5/7/2024).

Sumber liputan6.com

Share this post