Doa Awal Tahun Hijriah Menyambut Tahun Baru Islam 2024

06/07/2024 20:20:00 WIB 1.557

https://tribratanews.lampung.polri.go.id
JAKARTA - Besok Minggu 7 Juli bertepatan dengan Tahun Baru Islam 2024 atau 1 Muharram 1446 Hijriah, apa saja doa yang perlu dipanjatkan ?

Dalam artikel ini akan dibahas doa akhir tahun dan awal tahun Hijriah dalam bahasa latin.

Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Islam yang memiliki keutamaan dan makna penting bagi umat Muslim.

Salah satu tradisi yang dilakukan oleh umat Muslim di awal tahun Hijriyah adalah membaca doa awal tahun

Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram dalam Islam, yang artinya bulan yang dimuliakan dan dihormati.

Empat bulan itu di antaranya Bulan Muharram, Dzulqadah, Dzulhijjah, dan Rajab. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram." (QS. At-Taubah: 36)

Keutamaan Bulan Muharram

Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

Dibuka dengan Tahun Baru Hijriyah: Muharram menandai awal tahun baru dalam kalender Hijriyah.

Puasa Asyura: Puasa pada tanggal 10 Muharram, yang dikenal sebagai puasa Asyura, memiliki keutamaan besar dalam menghapuskan dosa-dosa setahun yang lalu.

Bulan Haram: Muharram adalah salah satu bulan haram, yang berarti bulan ini dihormati dan setiap amal ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya.

Doa Awal Tahun Hijriah

Berikut adalah doa yang biasa dibaca pada awal tahun baru Islam 1 Muharram:

"Allahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal. Wa alaa fadhlikal-azhimi wujuudikal-mu awwal. Wa haadzaa aamun jadiidun qad aqbal. Nas alukal ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa-ihii wa junuudihii. Wal auna alaa haadzhihin-nafsil-ammarati bis-suu-i. Wal-isytighaala bimaa yuqorribuni ilaika zulfa. Yaa dzal-jalaali wal-ikraam. Wa shallallaahu alaa sayyidina Muhammadin wa alaa aalihi wa shahbihii wa sallam."

Artinya: "Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu perlindungan dalam tahun ini dari godaan setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan ke atas para keluarga dan sahabatnya."

Itulah artikel doa awal tahun baru Islam 1 Muharram, dari makna, keutamaan, dan cara mengamalkannya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. (*)

Sumber Wartakota.tribunnews

Share this post