Firli Bahuri Tak Hadiri Pemeriksaan, Eks Penyidik KPK: Alasan Mengada-ada

08/11/2023 11:44:00 WIB 1.859

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.      PMJ NEWS - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2007-2021, Novel Baswedan, menilai alasan ketidakhadiran Ketua KPK Firli Bahuri dalam pemeriksaan kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Polda Metro Jaya hari ini Selasa (7/11/2023) mengada-ada.

Pernyataan tersebut disampaikan Novel melalui laman media sosial Twitter saat menanggapi adanya pemberitaan perihal ketidakhadiran Firli Bahuri soal panggilan tersebut. PMJ News sudah mendapatkan izin untuk mengutip cuitan tersebut.

Adapun alasan Firli Bahuri tidak memenuhi panggilan disebutkan tengah menghadiri kegiatan roadshow bus KPK dan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang diselenggarakan di Aceh.

"Alasan yang mengada-ada,” ujar Novel dalam cuitan di akun X miliknya seperti dikutip Selasa (7/11/2023).

Novel mengungkapkan kegiatan di Aceh tersebut merupakan kegiatan yang biasa diwakili, terlebih dengan pimpinan KPK yang berjumlah sebanyak lima orang.

"Ini acara yang biasa diwakili, bahkan kalaupun tidak diwakili, pimpinan KPK kan ada 5 orang, masih ada 4 yang lain. Ada-ada saja memang Firli ini," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri disebut tak menghadiri pemeriksaan penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya yang diagendakan hari ini Selasa (7/11/2023). Firl tak hadir dikarenakan adanya kegiatan dari KPK yang berlokasi di wilayah Aceh.

“Informasi yang kami peroleh sudah berkirim surat ke sana soalnya ada kegiatan di Aceh dalam rangka roadshow bus dan juga Hakordia di Aceh,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Senin (6/11/2023).

Ali menuturkan bahwasanya Firli Bahuri memiliki sejumlah kegiatan selama berada di Aceh. Disampaikannya bahwa sudah dikirimkan surat ke Polda Metro Jaya perihal ketidakhadirannya.

“Di sana teman-teman ada beberapa kegiatan yang dihadiri oleh Ketua KPK nantinya sehingga sudah berkirim surat untuk mengkonfirmasi gitu ya ke ketidakhadiran,” ucapnya.

Firli sedianya hari ini dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan tambahan oleh penyidik di ruang pemeriksaan Lantai 21 Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

“Pemeriksaan keterangan tambahan, pemeriksaan tambahan, pengambilan keterangan tambahan terhadap saksi FB selaku ketua KPK RI yang telah dikirimkan surat panggilannya pada tanggal 2 November 2023 kemarin, untuk jadwal pemeriksaan di hari Selasa tanggal 7 November 2023 Pukul 10.00 WIB,” ujar Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Jumat (3/11/2023).

Sumber :

PMJ NEWS 

Share this post