Gampang Sakit Saat Musim Hujan, Berikut Tips Yang Dapat Kita Lakukan

28/02/2024 17:00:00 WIB 1.249

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. - Jakarta. Menurut (BMKG) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bulan Januari dan Februari merupakan puncak musim hujan di Indonesia. Pada periode ini, hujan lebat, angin kencang, serta gelombang besar, berpeluang tinggi melanda sebagian besar wilayah Indonesia, Senin (26/02/24).

Oleh karena itu, sobat harus selalu waspada terhadap potensi hujan lebat ataupun cuaca ekstrem lainnya. Di samping itu, jangan lupa menjaga kesehatan karena rawan jatuh sakit saat musim hujan.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan berbagai mikroba dan virus lebih mudah berkembang biak saat musim ini. Udara yang lembap serta aktivitas fisik yang berkurang ikut berkontribusi pada menurunnya daya tahan tubuh sehingga rentan terjangkit penyakit.

Dilansir dari laman Kumparan, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan supaya tetap sehat saat musim hujan. Simak penjelasannya :

1. Atur Asupan

Asupan sehari-hari berpengaruh besar terhadap sistem imun tubuh. Dari informasi yang tertulis di laman The National Center for Biotechnology Information (NCBI), disebutkan bahwa, makanan mengandung nutrisi yang dapat membuat sel-sel imun bekerja secara maksimal memerangi penyakit.

Dikutip dari British Heart Foundation (BHF), sejumlah nutrisi yang mendukung kerja imun tubuh yakni, vitamin A, B6, B12, C, dan D, kemudian zat besi, asam folat, tembaga, serta zinc. Sobat bisa mendapatkan sebagian besar nutrisi tersebut lewat asupan yang mencakup sayur-sayuran, buah, kacang, biji-bijian, produk dairy, serta protein hewani.

2. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat mendorong pertukaran sel imun dalam tubuh. Dilansir dari Mayo Clinic, olahraga setidaknya 30 menit setiap hari dapat meningkatkan aktivitas imun dan kesehatan metabolisme.

3. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas. Tubuh jadi gampang terkena virus. Karenanya pastikan untuk tidur cukup. Berdasarkan laman Sleep Foundation, orang dewasa di atas 18 tahun umumnya butuh tidur setidaknya tujuh jam per hari. Sementara, bayi, balita, dan remaja membutuhkan tidur yang lebih lama demi pertumbuhan mereka.

4. Minum Air Putih

Dilansir situs Kemenkes, minum air putih yang cukup dapat mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dan membuat tubuh tetap terhidrasi. Setiap orang juga memiliki kebutuhan cairan yang beragam. Namun Kemenkes menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya dua liter air dalam sehari.

5. Konsumsi Vitamin Tambahan

Sistem imun tubuh dapat bekerja maksimal dengan asupan sejumlah vitamin dan mineral. Meskipun dapat ditemukan pada makanan, terkadang asupan yang Anda konsumsi saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Dalam menjaga daya tahan tubuh, salah satu suplemen yang dapat membantu adalah Amunizer. Suplemen dengan ekstrak herbal ini lebih dari vitamin C. Amunizer juga mengandung zinc, ekstrak Elderberry, kemudian ekstrak Forsythia, Phyllanthus, dan Lonicera. Dengan cukup mengkonsumsi Amunizer satu kali setiap hari agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Sumber :
https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post