Hari Ini Ribuan Jemaah Haji Indonesia 'Kosongkan' Madinah Menuju Mekkah

01/06/2024 18:30:00 WIB 28

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Hari ini Sabtu 1 Juni 2024, ribuan jemaah haji Indonesia yang sebelumnya berada di Madinah mulai diberangkatkan menuju ke Mekkah, Arab Saudi.

Rombongan terakhir yang terdiri dari 4.743 jemaah dari 12 kloter diberangkatkan dari Madinah menuju Masjid Bir Ali untuk melaksanakan miqat dan niat umrah sebelum melanjutkan perjalanan ke Makkah.

Pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama ini menandakan dimulainya rangkaian ibadah umrah wajib dan ibadah puncak haji di Tanah Suci. Para jemaah akan melaksanakan berbagai amalan ibadah haji, seperti tawaf, sa'i, dan wuquf di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Kepala Sektor 5 PPIH Arab Saudi, Abrar Munanda, mengatakan bahwa pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama berlangsung lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan.

Hal ini berkat persiapan yang matang dan koordinasi yang baik antara jemaah, karom (kepala rombongan), karu (kepala regu), dan seluruh tim PPIH Arab Saudi.

Pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama ini dipantau langsung oleh Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah PPIH Arab Saudi, Ali Machzumi.

Bersama jajarannya, dia mendatangi Masjid Bir Ali untuk mengantar para jemaah yang bertolak menuju Makkah.

"Alhamdulillah, seluruh jemaah haji gelombang pertama telah diberangkatkan dengan lancar dan aman. Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia agar para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan mabrur," ujar Ali Machzumi.

Pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama ini merupakan tonggak penting dalam penyelenggaraan haji Indonesia tahun 2024. Diharapkan seluruh jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan khusyuk, serta kembali ke tanah air dengan selamat dan membawa pulang haji mabrur

Sumber : suara.com

Share this post