Jarang Terdengar, Ini Ternyata Khasiat Susu Kurma yang Istimewa

04/08/2024 20:10:00 WIB 1.234

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta. Buah kurma dikenal mengandung banyak kalori, nutrisi, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya dapat dikonsumsi langsung sebagai camilan, kurma juga dapat diolah sebagai pemanis alami dalam hidangan atau dijadikan minuman, seperti susu kurma.

Susu kurma dibuat dengan mencampur kurma dan susu, lalu dihaluskan dengan blender. Susu yang umum digunakan pada minuman ini adalah susu sapi, yang merupakan sumber protein dan kalsium, bermanfaat memelihara kesehatan tulang, dan membantu mencegah obesitas.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (30/7/24), berikut sederet manfaat susu kurma yang dapat Anda peroleh, antara lain:

1. Membantu menaikkan zat besi

Salah satu mineral yang terkandung di dalam kurma adalah zat besi, yang berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Konsumsi susu kurma secara rutin dapat membantu tubuh anda memiliki zat besi yang cukup, sehingga mengurangi risiko terjadinya anemia.

2. Memelihara kesehatan mata

Salah satu vitamin yang terkandung di dalam buah kurma adalah vitamin B2 (riboflavin). Nutrisi ini berperan dalam memelihara kesehatan kornea dan mencegah gangguan pada mata, seperti keratoconus. Kekurangan vitamin ini juga dapat meningkatkan risiko terkena katarak.

3. Merawat kesehatan jantung

Kurma mengandung serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penumpukannya di arteri, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, kandungan karotenoid dan asam fenolik (phenolic acid) dalam kurma juga diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan jantung.

4. Memelihara kesehatan tulang

Susu sapi yang biasa digunakan sebagai bahan dasar susu kurma biasanya sudah difortifikasi atau diberi vitamin tambahan. Salah satu vitamin yang umum ditambahkan adalah vitamin D. Nutrisi ini berperan dalam memelihara kesehatan tulang dan mencegahnya dari kerusakan.

Sumber https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post