Jelang Jokowi Lengser, Masih Ada 4 Ruas Tol Menanti Diresmikan

20/08/2024 19:20:00 WIB 1.357

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) berencana akan meresmikan sejumlah ruas jalan tol dalam waktu dekat. Mayoritas dari ruas jalan bebas hambatan itu bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Hal ini disamaikan oleh Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja. Namun Endra tak merincikan waktu spesifik pelaksanaan peresmian dari ruas-ruas jalan tol yang dimaksud.

Untuk rinciannya, pertama ada ruas jalan di Tol Sigli-Banda Aceh yakni Seksi 2 Seulimeum-Jantho, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro, dan Seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam.

"Tol yang dalam waktu dekat (diresmikan) itu ya ada di Aceh Seksi 2, Seksi 5, Seksi 6, itu kan belum diresmikan, sampai ke Banda Aceh," kata Endra, ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2024).

Dikutip dari catatan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), ketiga ruas jalan tol tersebut sudah beroperasi sejak beberapa waktu lalu. Misalnya untuk seksi 2 telah beroperasi sejak 2022, lalu seksi 5 dan 6 sudah beroperasi sejak 2023 lalu.

Kemudian, ada ruas yang masuk ke dalam jajaran Jalan Tol Binjai-Langsa yakni Seksi 2 Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 18,66 km. Dalam catatan BPJT, baru ada dua ruas Tol Binjai-Langsa yang dioperasikan yakni Seksi 1 Binjai-Stabat pada tahun 2022 dan Seksi 2 Stabat-Kuala Bingai pada 2023.

"Kemudian ada di Stabat sampai Tanjung Pura. Itu menuju Langsa," ujarnya.

Lalu yang ketiga, ada ruas jalan di Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Dalam catatan BPJT, total ada 3 ruas yang belum diresmikan, antara lain Seksi 2 SS Indrapura-Kuala Tanjung, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, dan Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar.

Kemudian yang keempat, ada Seksi IB CBD Legok Tol Serpong Balaraja sepanjang 5,4 km. Terakhir, sekitar bulan September mendatang rencananya akan diresmikan Tol Solo-Klaten sepanjang 22,3 km. Jalan ini merupakan bagian dari Tol Solo-NYIA Kulonprogo sepanjang 93,75 km.

"Kalau sampai akhir tahun bisa sampai hingga Purwomartani. Namun sampai September 2024 ini hanya bisa hingga Klaten, itu yang paling dekat," kata Endra

Sumber detik.com

Share this post