Jokowi Jadi Ngantor di IKN Juli? Ini Bocoran dari Istana

25/07/2024 11:40:00 WIB 1.543

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta - Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) sempat menuai tanda tanya, salah satu alasannya karena air bersih yang belum mengalir. Terbaru, Jokowi dikabarkan akan berkantor di IKN akhir Juli ini.
 

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan kemungkinan Jokowi akan berkantor di IKN selama 1-2 hari pada akhir Juli 2024. Saat ini, pihaknya bersama Kementerian PUPR tengah mempersiapkan segala kebutuhannya.

"Rencana tanggal 28 beliau akan meresmikan tol dan meninjau, kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan presiden berkantor di IKN," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Heru mengatakan pihaknya kini tengah mempersiapkan peralatan untuk berkantor di IKN. Segala persiapan furnitur sedang dipersiapkan PUPR hingga Sekretariat Presiden.

"Sedang berjalan, kantor presiden kita persiapkan, kursi-kursi yang dibutuhkan. Saya selaku Kepala Setpres bersama rekan-rekan pejabat Setpres mulai hari ini terus tanggal 25 Juli kita mengisi kebutuhan furniture yang memang harus disiapkan untuk bapak presiden," ujarnya.

Heru juga mengungkap rencana Jokowi akan beberapa kali ke IKN sebelum 17 Agustus 2024. Sebab, ada rangkaian kegiatan jelang upacara HUT RI mendatang.

"Ya ada beberapa tahap, mungkin beliau 1-2 hari menjelang tanggal 28 dan kami konsentrasi di sana untuk mempersiapkan semua sarana prasarana dalam rangka 17 Agustus, jadi mungkin setelah tanggal 28 mungkin beliau ada beberapa kali lagi ke IKN sebelum 17 Agustus, kan masih ada rangkaian kegiatan," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi sempat bilang kalau dirinya akan berkantor di IKN ketika semua infrastruktur kebutuhan dasar siap. Dia mengatakan, sampai saat ini semua hampir siap, misalnya saja rumah kediaman sudah ada, fasilitas air sudah ada, listrik pun sudah ada.

Namun memang untuk air dan listrik butuh waktu untuk menyambungkan ke semua fasilitas yang akan digunakan olehnya. Dia tidak ingin terburu-buru untuk berkantor di IKN, menurutnya kesiapan fasilitas dasar itu harus sudah ada dulu.

"Ruang tidurnya kan sudah disiapin, ya kan, kemudian juga airnya juga dalam proses disiapin, listriknya juga sebentar lagi masuk. Listriknya sudah ada, tapi untuk masuk ke ruang-ruang yang ada kan perlu waktu," beber Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7/2024).

Sumber detik.com

Share this post