Jokowi Pimpin Upacara 17 Agustus Terakhir di IKN, Ini Susunan Acaranya

17/08/2024 14:40:00 WIB 1.357

tribratanews.lampung.polri.go.id Penajam Paser Utara, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur upacara memperingati HUT RI ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8).
Upacara dimulai pada pukul 11.09 WITA atau pukul 10.09 WIB. Namun, rangkaian kegiatan akan dimulai sejak 08.15 WITA dengan berbagai hiburan.

Pada pukul 10.23 WITA, Kepala Sekretariat Presiden menyerahkan Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi kepada Paskibraka dan Pengawal Bendera disaksikan oleh Sekretaris Militer Presiden dan Kepala Staf Komando Daerah Militer VI/Mulawarman.

Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto memasuki tempat upacara dan menuju Mimbar Kehormatan pada pukul 10.54 WITA.

Pengibaran bendera Merah Putih akan dilakukan 76 orang Paskibraka. Anggota Paskibraka terdiri dari siswa-siswi perwakilan 38 provinsi. Upacara diprediksi selesai 11.37 WITA.

Rangkaian kemudian dilanjutkan penayangan video 'Pengibaran Bendera TNI AD, TNI AL dan POLRI', hingga demo udara Flypass Pesawat tempur TNI AU.

Ada juga persembahan spesial lagu "Puspa Warni" hingga tarian tradisional dari Kalimantan.

Adapun Jokowi hadir di upacara dengan mengenakan pakaian adat. Namun, istana masih merahasiakan pakaian adat yang dipakai Jokowi. Tahun lalu, ia memakai baju adat Kasunanan Surakarta, yakni Ageman Songkok Sikepan Ageng.

Upacara tahun ini menjadi kali terakhir bagi Jokowi usai menjabat sebagai Presiden Indonesia dalam 10 tahun ke belakang.

Sumber CNN INDONESIA

Share this post