Kapolres Lampung Tengah Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Krakatau 2024

15/07/2024 10:20:00 WIB 1.443

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Jajaran Polres Lampung Tengah, Polda Lampung melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Krakatau 2024, bertempat di lapangan apel Mapolres setempat. Senin (15/7/24) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M, dengan dihadiri Forkopimda, FKUB, para PJU, Perwira, Kapolsek jajaran, personel gabungan yang melibatkan unsur TNI, Dishub, Satpol PP, Ormas dan pelajar dari SMKN 2 Terbanggi Besar.

Kepada awak media, Kapolres menjelaskan bahwa Ops Patuh Krakatau 2024 ini akan digelar mulai tanggal 15 hingga 28 Juli 2024, dengan mengusung tema "Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas"

"Operasi ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang tertib berlalu lintas," Kata Kapolres.

Dalam operasi tersebut, sambung Kapolres, pihak Kepolisian menargetkan 7 jenis pelanggaran sebagai fokus penindakan.

Pelanggaran tersebut antara lain penggunaan handphone saat berkendara, pengemudi di bawah umur dan pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.

Kemudian pengendara yang tidak menggunakan helm SNI dan sabuk pengaman. Selain itu berkendara dalam pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus lalu lintas, serta berkendara melebihi batas kecepatan.

Kapolres mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan personel berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukung.

"Dengan hal ini, diharapkan kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang ditetapkan," imbuhnya.

Kapolres menyebut, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi Kamseltibcarlantas periode Januari sampai Juni 2024, angka kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polda Lampung masih cukup tinggi yakni 867 kejadian Laka Lantas dengan korban meninggal sebanyak 321 oranh, luka berat 521 orang dan luka ringan 835 orang.

"Untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat, Polda Lampung beserta jajaran menggelar Operasi Patuh Krakatau 2024 secara serentak di seluruh Indonesia dan dalam pelaksanaannya mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif dan Gakkum menggunakan ETLE baik statis, mobile maupun hand held," demikian pungkasnya.

Share this post