Kapolri Cup 2023: Tim Putri Lampung Lolos, Untuk Tim Putra Kandas

07/08/2023 08:29:00 WIB 2.008

Dalam putaran pertama turnamen Bola Voli Kapolri Cup 2023 Zona III berakhir dengan meloloskan empat tim, yakni dua tim putra dan dua putri ke putaran kedua yang dijadwalkan akan berlangsung di Jakarta dan Malang.

DKI Jakarta memastikan kedua timnya, putra dan putri lolos dengan predikat juara grup, sementara Banten yang hanya mengirim satu tim putra saja lolos sebagai runner-up, dan satu slot di bagian putri menjadi milik Lampung, meskipun dalam partai kedua kalah 3-1 atas tim putri Betawi.

Hari ketiga, Minggu 6 Agustus 2023, mempertandingkan tiga partai di GOR Sumpah Pemuda Way Halim Bandarlampung, dua partai putra dan satu partai putri.

Pada pertandingan di bagian putri, Lampung berhadapan dengan tim favorit juara Kapolri Cup 2023, DKI Jakarta yang diperkuat dengan seluruhnya pemain dari Pra PON DKI Jakarta.

Justru pada pertandingan ini sebenarnya sudah tidak mempengaruhi kedua tim yang sudah lolos ke putaran kedua, hanya dalam pertandingan ini menjadi penentu bagi kedua tim untuk masuk di kelompok yang mana. Karena status di klasemen akan menentukan tempat pertandingan dan lawan-lawannya.

Lampung yang akhirnya kalah 3-1 dari DKI Jakarta harus bermain di putaran kedua wilayah barat dengan lawan-lawan Juara pada Zona V, VI, VII dan VIII, serta runner up Zona I, II dan IV yang akan bermain di Malang, Jawa Timur.

Sementara DKI Jakarta akan bertindak sebagai tuan rumah pada putaran kedua dengan lawan-lawan juara zona I, II dan IV serta runner-up Zona V, VI, VII dan VIII.

Pada pertandingan Minggu siang itu, Lampung yang didukung ratus supporter di GOR Sumpah Pemuda secara mengejutkan menang 25-23 di set pertama.

Namun pada set berikutnya, DKI Jakarta yang secara materi berada diatas rata-rata pemain Lampung tidak mau kehilangan banyak waktu dan terus mengintimidasi Suci Tika Saputri dan kawan-kawan dengan mudah mampu mengambil tiga set berikutnya dengan 25-15, 25-15 dan 25-18.

Dengan permainan luar biasa cerdik dari setter utama mereka Shakira Dwi Kurnia, DKI Jakarta dengan leluasa menyerang dari berbagai sisi, dan mengandalkan Junaida Santi sebagai outside hitter,   Dilla Fadilla pada oppsite hitter dan Dita Nuralisa sebagai middle blocker, menyudahi gim demi gim lebih mudah. Sementara Lampung justru permainannya semakin tidak berkembang di tiga set berikutnya.

Putra DKI – Lampung

Sementara di bagian putra, Lampung  harus puas berada diurutan ketiga Zona III, karena dalam pertandingan penentuan juga dikalahkan tim putra DKI Jakarta dengan skor 0-3 (17-25, 21-25, 18-25).

Memang peluang tim putra Lampung sudah tertutup, ketika dalam pertandingan sebelumnya rival terdekatnya, yakni tim utusan dari Polda Banten menang 3-1 atas tim dari Bengkulu. 

Oleh karenanya dari Zona III ini keluar sebagai wakil putra adalah DKI Jakarta juara grup dan Banten sebagai runner-up. 

Banten pada pertandingan terakhirnya Minggu petang menang 3-1 atas Bengkulu. Pada set pertama Bengkulu mampu memenangi dengan skor 25-27, namun tiga set berikutnya Banten menang 25-19, 25-22 dan 25-19. 

Usai pertandingan, pelatih tim putri DKI jakarta mengatakan bahwa target dari tim DKI Jakarta memang menjuarai turnamen Kapolri Cup 2023 ini.

in

Share this post