Kombes Pol. Kusworo Wibowo Raih Penghargaan Hoegeng Award 2023 Kategori Polisi Inovatif

15/07/2023 10:35:00 WIB 846

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.      Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kombes Pol. Kusworo Wibowo meraih penghargaan Hoegeng Award 2023 dengan kategori Polisi Inovatif.

Penghargaan itu diterima Brigadir Fitriani dalam acara puncak yang diselenggarakan di The Tribata Darmawangsa, Jakarta Selatan, pada Jumat (14/7/23).

Dilansir dari Detik.com, Kombes Kusworo melahirkan sejumlah program inovatif yang digagasnya. Di antaranya aplikasi pelaporan kehilangan Sikasep, program E-Siskamling, program sarapan bareng Kapolres, serta program antar motor hasil curian ke rumah korban

Program aplikasi Sikasep digagas Kombes Kusworo saat menjabat Kapolresta Bandung. Sikasep adalah singkatan dari Surat Kehilangan Online SPKT Polresta Bandung, jadi masyarakat yang ingin melaporkan kehilangan tak usah repot-repot datang ke kantor polisi. Program ini diyakini dapat mencegah terjadinya pungutan liar (pungli).

Program siskamling elektronik (E-Siskamling) digagas Kombes Kusworo saat menjabat Kapolres Jember, Jawa Timur. Program ini diluncurkan pada 2017.

Program inovatif lainnya adalah antar motor hasil curian ke rumah korban. Program ini, Polres Jember mengantarkan motor hasil curian yang berhasil diamankan dari tangan pelaku curanmor langsung ke rumah korbannya. Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan serta mempermudah masyarakat kembali mendapatkan barang miliknya yang dicuri.

Pada Hoegeng Award 2023 ini, ada lima kategori yang diperebutkan. Yakni, 'Polisi Berdedikasi', 'Polisi Inovatif', 'Polisi Berintegritas', 'Polisi Pelindung Perempuan dan Anak' serta 'Polisi Tapal Batas dan Pendalaman'

Share this post