Kominfo Pastikan Jaringan 5G Tersedia di Area PON XXI

31/08/2024 20:20:00 WIB 136

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan bahwa jaringan 5G akan tersedia di area penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara.

"Insya Allah siap khususnya untuk akses internet. Insya Allah lancar semuanya," ujar Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Bambang Dwi Anggono, dikutip Jumat (30/8/24).

Menurutnya, operator telekomunikasi saat ini pun sedang bekerja sama dengan pihak penyelenggara untuk memasang berbagai infrastruktur pendukung, termasuk jaringan fiber optik dan perangkat yang mendukung teknologi 4G serta 5G. Pemasangan perangkat dilakukan di seluruh tempat pertandingan PON, terutama di area yang dinilai membutuhkan penguatan sinyal.

Dijelaskannya, kapasitas bandwidth yang memadai di Media Center PON XXI juga menjadi perhatian Kementerian Kominfo. Penyediaannya bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan Panitia Besar (PB) PON di media center utama maupun media center satelit.

"Kami menyiapkan sebesar 1.000 Mbps, lalu ada internet untuk redundansinya sebesar 500 Mbps, dan untuk backup sebesar 100 Mbps," ujarnya.

Sumber https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post