Kotak Suara di Sekretariat PPK Way Khilau Dirusak, Bawaslu Pesawaran Kantongi Terduga Pelaku

18/02/2024 20:50:00 WIB 1.284

https://tribratanews.lampung.polri.go.id Pesawaran - Rekaman video sejumlah kotak suara tersegel berisi surat suara Pemilu 2024 telah melalui proses pemungutan suara dirusak hingga dibobol. Peristiwa ini terjadi di Sekretariat PPK Way Khilau, Kabupaten Pesawaran.

Berdasarkan video diterima, terekam sejumlah orang memeriksa kotak suara di suatu ruangan penyimpanan berisi logistik Pemilu 2024. Nampak kotak suara DPD RI, DPRD Kabupaten/Kota, hingga DPR RI telah dirusak segel.

"Segel ini lebih parah gak dikancing ini, ada TPS 7, TPS 4, TPS 9. Ini ni DPR RI juga nih, satu desa lepas segel. Mohon izin bang, 90 persen (kotak suara) Desa Penengahan tidak bersegel," ujar suara dalam video berdurasi 4 menit 4 detik tersebut.

Merespon peristiwa ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Fatihunnajah membenarkan peristiwa rekaman beredar terjadi di Sekretariat PPK Way Khilau.

Pihaknya bersama petugas kepolisian sudah mengecek langsung ke lokasi kejadian.

"Iya, informasinya benar, awal mula kejadian ada warga melihat aktivitas oknum membuka kotak suara di gudang penyimpanan," ucapnya saat dimintai keterangan.

Lebih lanjut peristiwa tersebut sedang dalam penyelidikan dan telah mengantongi nama-nama terduga pelaku perusak kotak suara di lokasi. "Masih kami dalami belum dapat disimpulkan, kami masih mengumpulkan alat bukti," sambung dia.

Fatih menambahkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan awal di lokasi kejadian didapati sebanyak 12 kotak suara sudah dalam kondisi terbuka.

"Sekarang kami sedang kumpulkan bukti dan saksi, kami juga akan melakukan pleno untuk menjadi temuan. Tentu ini potensinya pidana," tutupnya.

Share this post