KPU Pastikan Proses Tahapan Pemilu Masih On The Track

15/01/2024 11:27:00 WIB 1.052

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.    PMJ NEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan proses pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 sejauh ini masih on the track. Termasuk pemuktahiran data dan distribusi logistik.

Komisioner KPU RI, August Mellasz mengatakan proses distribusi logistik pemilu untuk pemilih di dalam dan luar negeri selalu diperbaharui dan diupdate secara berkala.

"Terkait dengan perkembangan termutakhir urusan logistik pemilu segala macam. Bagi kami sampai dengan tenggat waktu yang ditentukan, untuk urusan pemilu baik di dalam negeri maupun di luar negeri masih on the track," ungkap August dikutip Minggu (14/1/2024).

Lebih lanjut August menjelaskan, untuk pemilih yang berada di luar negeri tetap akan diprioritaskan. Hal itu dikarenakan pelaksanaan pemilu di luar negeri lebih awal.

"Bahkan pemilu luar negeri itu dapat prioritas tersendiri, jadi itu prioritasnya lebih awal. Kan ada ketentuan, misalnya, distribusi harus dilakukan 30 hari sebelum hari H misalnya," tuturnya.

Selain itu, August memastikan setiap warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih harus masuk dalam daftar pemilih tetap atau DPT, baik yang di dalam negeri maupun luar negeri.

"Kan kewajiban KPU bahwa setiap warga negara yang punya hak pilih itu terdaftar dalam DPT baik di dalam negeri maupun luar negeri," tukasnya.

Sumber PMJ NEWS 

Share this post