Manfaat Menggunakan Alat Kontrasepsi

10/08/2024 16:40:00 WIB 1.244

tribratanews.lampung.polri.go.id. Alat kontrasepsi memiliki banyak manfaat bagi wanita yang ingin mencegah kehamilan yang tidak mereka inginkan.

Namun, khusus alat kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, implan, dan IUD, memberikan manfaat lain di luar pencegahan kehamilan, di antaranya:

- Mengatur siklus menstruasi. Alat kontrasepsi hormonal dapat menyeimbangkan fluktuasi hormon yang terjadi sepanjang siklus menstruasi. Metode ini dapat membantu mengatasi masalah menstruasi seperti pendarahan yang berat, menstruasi tidak teratur, bahkan mengatasi gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS).


- Mengurangi rasa sakit menstruasi. Sekitar 31 persen wanita yang menggunakan pil KB merasakan adanya pengurangan nyeri haid.


- Mencegah jerawat hormonal. Fluktuasi hormon seringkali memicu jerawat. Pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron (pil KB kombinasi) merupakan obat jerawat yang paling efektif.


- Mengurangi risiko kanker rahim. Manfaat jangka panjang menggunakan alat kontrasepsi hormonal yaitu mengurangi risiko kanker rahim. Wanita yang mengonsumsi pil KB kombinasi 50 persen lebih kecil kemungkinannya terkena kanker rahim.


- Mengurangi risiko kista ovarium. Dengan mencegah ovulasi, alat kontrasepsi hormonal dapat mencegah pembentukan kista di ovarium. Selain itu, dapat mencegah bekas kista agar tidak tumbuh lagi.


- Mengelola endometriosis. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal membantu karena memungkinkan kamu untuk melewatkan menstruasi. Penggunaan Pil KB dan IUD yang berkelanjutan biasanya merupakan pilihan yang baik untuk menangani endometriosis.


- Mengurangi risiko anemia. Beberapa wanita mengalami pendarahan yang berat selama menstruasi. Alat kontrasepsi hormonal dapat membantu dengan melewatkan menstruasi, sehingga mencegah terjadinya anemia yang berkaitan dengan menstruasi.

Sumber halodoc.com

Share this post