Mau Perpanjangan SIM? Ini Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling Ditlantas Polda Lampung

06/02/2024 16:23:00 WIB 13.451

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.    Bandar Lampung - Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki seluruh pengendara kendaraan bermotor di Indonesia. SIM juga harus diperpanjang tiap lima tahun sekali.

Perlu diketahui, cara perpanjangan SIM ada dua macam yaitu, secara online dan offline. Anda bisa mendaftar perpanjangan SIM secara online dengan menggunakan aplikasi atau situs/website telah disediakan.

Sebaliknya, perpanjangan SIM offline bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor kepolisian hingga SIM keliling terdekat. Kebijakan serupa turut disediakan Ditlantas Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, petugas Ditlantas Polda Lampung menghadirkan pelayanan perpanjangan SIM keliling mulai dari Senin sampai dengan Sabtu di sejumlah lokasi di Kota Bandar Lampung.

"Layanan perpanjangan SIM keliling ini merupakan salah satu upaya kami terus meningkatkan akses pelayanan publik ke masyarakat," ujarnya saat dimintai keterangan, Selasa (6/2/2024).

Umi melanjutkan, setiap warga ingin memperpanjang SIM A atau C hanya perlu mengumpulkan syarat yakni, KTP asli dan fotokopi sesuai pemilik SIM, SIM asli lama masa berlaku hampir habis, dan menyiapkan biaya perpanjangan SIM.

"Cukup membawa tiga syarat ini, anda bisa langsung mengantri untuk melakukan perpanjangan SIM keliling. Nanti setibanya di lolasi, dilanjutkan mengisi formulir," kata dia.

Terkait urusan biaya perpanjangan SIM, Umi menjelaskan, biaya perpanjang SIM keliling tidak berbeda dengan perpanjangan di tempat lain. Hal ini sesuai PP No. 66 Tahun 2016 mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak.  

Disampaikan, khusus biaya perpanjangan SIM A Rp80 ribu, sedangkan SIM C Rp75 ribu. "Pembayaran biaya ini disarankan sudah harus dipersiapkan sejak dari rumah dengan uang pas," sambung dia.

Berikut jadwal SIM keliling Ditlantas Polda Lampung

- Senin (08.00-14.00 WIB): lokasi Terminal Rajabasa dan Gerbang BKP Kemiling

- Selasa-Jumat (08.00-14.00 WIB): lokasi Tugu Juang Tanjung Karang dan Halaman Parkir Transmart Way Halim Bandar Lampung

- Sabtu (08.00-12.00 WIB): lokasi Terminal Rajabasa dan Gerbang BKP Kemiling

Lalu pelayanan perpanjangan gerai SIM SPKT Polda Lampung

- Senin-Jumat (08.00-14.00 WIB): - Gedung SPKT Polda Lampung Jalan Terusan Ryacudu, Nomo. 1, Jati Agung, Lampung Selatan

Share this post