Memperingati HUT RI Ke 79, Klub Selam Anemon Akan Bentangkan Bendera Merah Putih Di Permukaan Laut

05/08/2024 10:20:00 WIB 1.241

tribratanews.lampung.polri.go.id. Klub Selam Anemon FMIPA Universitas Lampung Kembali memeriahkan perayaan kemerdekaan dengan akan diadakannya Pembentangan Bendera Merah Putih terpanjang di teluk Lampung dan kegiatan konservasi serta Edukasi pada HUT-79 RI

Bandar Lampung - Klub Selam Anemon merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) yang mewadahi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga selam namun fokus untuk penelitian sehingga dapat membantu penelitian skripsi mahasiswa dan juga untuk mendukung konservasi alam.

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT RI KE 79 Tahun, Klub Selam Anemon FMIPA Universitas Lampung akan mengadakan kegiatan Pembentangan Bendera merah Putih Terpanjang di Teluk Lampung, dimana ukuran panjang bendera merah putih sesuai dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia yaitu sepanjang 79 meter. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Dusun Jelarangan, Pulau pahawang, Kab. Pesawaran, Prov. Lampung.

Kegiatan ini mengusungkan tema “ Bentangkan Bentuk Cinta Tanah Air dalam wujud dan Pemberdayaan Masyarakat dengan semangat merah putih”. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari, dimulai pada tanggal 15 Agustus hingga 18 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat dengan melakukan kegiatan sosial masyarakat di wilayah pesisir/pulau kecil dengan mengambil 4 point penting dalam acara ini yaitu Nasionalisme, Konservasi, Edukasi, Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Selain memeriahkan Hari kemerdekaan dengan melakukan Pembentangan Bendera terpanjang di teluk Lampung, Klub Selam Anemon FMIPA Unila juga memeriahkan dengan rangkaian kegiatan Konservasi sumber daya alam dengan melakukan transplantasi terumbu karang, mengadakan lomba lomba edukasi tentang pentingnya ekosistem laut kepada anak-anak Dusun Jelerangan , serta Beach clean up dan Underwater clean up di dusun Jelarangan, Pulau Pahawang.

Dalam kegiatan ini, Klub Selam Anemon FMIPA Universitas Lampung mengajak kepada Masyarakat umum yang ingin ikut berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan dan ikut berkesampatan untuk berdampak terhadap pemberdayaan Masyarakat pesisir melalui Bersama membentangkan bendera Merah Putih terpanjang di teluk Lampung sebagai bentuk cinta tanah air Indonesia, belajar bersama mengenai konservasi laut, ikut serta dalam aksi nyata konservasi transplantasi terumbu karang melalui kegiatan transplantasi terumbu karang dan aksi Beach clean up serta Underwater clean up Bersama Masyarakat dusun Jelarangan, Pulau Pahawang.

Dalam kegiatan konservasi yaitu dengan melakukan Transplantasi Terumbu Karang yang bisa diikuti oleh masyarakat yang peduli dengan konservasi alam. Ada beberapa paket pilihan donasi transplantasi yaitu:

a. Paket spider web
1) Paket Rp.100.000 : 1 buah "baby coral" + label nama + dokumentasi
2) Paket Rp.800.000: 18 buah "baby coral" + 1 buah media web spider + label nama + dokumentasi b. Paket Substrat FABA
1) Paket Rp.200.000 : 1 buah "baby coral" + label nama + dokumentasi
2) Paket Rp.750.000 : 8 buah "baby coral" + 1 buah media web spider + label nama + dokumentasi

Uang donasi sudah termasuk:
1) Label (nama pendonor atau nama lainnya)
2) E - Sertifikat
3) Foto penanaman
4) Foto "baby coral" dengan label nama
5) Monitoring Transplantasi dengan estimasi waktu dua kali dalam setahun

Harapan setelah terlaksana kan nya kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa nasionalisme, kita terhadap bangsa Indonesia,untuk menyatukan semua elemen yg ada di Lampung serta meningkatkan rasa peduli terhadap bumi melalui bentuk konservasi dan edukasi demi Kemajuan Pariwisata dan juga menjaga kelestarian alam khususnya Lautan yang ada di Lampung.

Informasi lebih lanjut
+62 857-6895-8385 ( Siti Maysaroh)
+62 882-8662-0648 ( Aprila Mutia)
Instagram: @anemondc
Email: klubselamanemon.fmipa.unila.@gmail.com

in Sekelik

Share this post