Menhub: Arus Kendaraan Rabu Malam Jakarta-Semarang Naik 20 Persen

21/04/2023 11:02:00 WIB 2.045

https://tribratanews.lampung.polri.go.id       Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut hingga Rabu (19/4) malam, kendaraan yang melintas di Tol Jakarta-Semarang naik 20 persen dibanding arus mudik H-3 Lebaran 2023.

"Alhamdulillah sekalipun ada lonjakan kendaraan, namun rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari tahun 2022 lalu, yaitu dari 69 km/jam menjadi 71 km/jam," ujar Menhub saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Rabu (19/4) malam seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (20/4/2023).

Atas hasil tersebut, Menhub menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR, Korlantas Polri, Jasa Marga, dan pihak terkait lainnya yang telah melakukan persiapan dengan baik sejak awal untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan.

"Ini membuktikan kami improve dibanding tahun lalu. Besok dan lusa (20 dan 21 April 2023) masih menantang, kami harus lebih kompak untuk menghadapinya," lanjut Menhub.

Beberapa upaya antisipasi yang dilakukan, di antaranya menambah infrastruktur jalan tol yang semula hanya enam lajur (tiga lajur arah Jakarta dan tiga lajur arah Cikampek) menjadi delapan lajur (empat lajur arah Jakarta dan empat lajur arah Cikampek) sampai dengan KM 70, menambah sistem counting (penghitungan) baik dari SDM maupun fasilitas pendukungnya sehingga penghitungan menjadi lebih cepat.

Kemudian, menambah fasilitas dan kapasitas di-rest area seperti yang dilakukan oleh Astra sebagai pengelola Tol Cipali yang menambah fasilitas toilet dari 150 menjadi 300 unit dan kapasitas parkir dari 300 kendaraan menjadi 1.000 kendaraan.

"Ini menjadi pelajaran yang baik bahwa kita harus terus meningkatkan prasarana jalan dan meningkatkan kecanggihan sistem penghitungan. Insya Allah pelaksanaan arus mudik dan balik tahun depan akan lebih baik lagi," jelas Menhub.

Share this post