https://tribratanews.lampung.polri.go.id/vendor/bin/
Menkes: Edukasi tentang Arbovirus Penting untuk Ibu Rumah Tangga
23/04/2024 20:10:00 Views : 10

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan edukasi tentang arbovirus atau virus yang ditularkan lewat gigitan serangga penting bagi ibu rumah tangga.

"Jika suami sakit, yang pertama akan merawatnya adalah sang istri. Jika anak-anakmu sakit, dokter keluarga pertama adalah sang istri. Kalau kucing dan anjing anda sakit, yang akan merawat mereka adalah sang istri, bukan si suami," ujar Menkes Budi melalui tayangan di YouTube Kementerian Kesehatan, Senin (22/4/24)

Menkes mengatakan Indonesia memiliki 1,5 juta kader posyandu yang tersebar pada 85 ribu desa, yang memiliki pengetahuan tentang penanganan arbovirus. Namun dia berharap pengetahuan itu juga dapat diteruskan ke 80 juta ibu rumah tangga.

Edukasi itu, kata Menkes, dapat diberikan melalui berbagai platform media sosial yang kerap mereka akses serta perkumpulan keagamaan yang mereka ikuti.

Sebab, edukasi adalah hal terpenting dalam penanganan arbovirus, karena dengan edukasi, orang dapat berubah dan mengadopsi gaya hidup lebih sehat.

"Saya sangat percaya bahwa cara terbaik melakukan intervensi kesehatan adalah dengan mencegah daripada mengobati. Itu lebih murah dan juga (membuat) kualitas hidup yang lebih baik," ungkap Menkes Budi. Selain edukasi, upaya lainnya adalah kontrol faktor, surveilans yang kuat, serta pengembangan vaksin

Sumber :
https://Tribratanews.polri.go.id


-->