Ops Patuh Krakatau 2024, Polres Lampung Tengah Edukasi Masyarakat Tertib Berlalu Lintas Lewat Patroli Cooling System

20/07/2024 11:00:00 WIB 156

Jajaran Polres Lampung Tengah,  Polda Lampung terus memberikan imbauan dan sosialisasi terkait pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau 2024 melalui patroli cooling system yang di gelar di Balai Kampung Mojopahit Kec. Punggur Kab. Lampung Tengah, Jumat (19/7/24) siang

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M dengan didampingi Kasat Lantas Iptu Wahyu Dwi Kristanto, S.H., M.H beserta para PJU dan  Kapolsek Punggur AKP Feriyantoni, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Iptu Wahyu menyampaikan kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir bahwa saat ini Polres Lampung Tengah sedang melaksanakan Operasi Patuh Krakatau 2024 selama 14 hari, terhitung mulai Tanggal 15 s/d 28 Juli 2024.

"Operasi ini mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif serta didukung penegakkan hukum secara elektronik atau teguran simpatik," ujarnya.

Adapun tujuan digelarnya Ops Patuh Krakatau 2024 yang dilaksanakan secara serentak tersebut, sambung Kasat Lantas adalah untuk mengurangi jumlah pelanggaran, menurunkan angka kecelakaan lalulintas, meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta terbangunnya budaya tertib berlalulintas khususnya di kalangan generasi Millenial.

Kasat Lantas menjelaskan, terdapat 7 jenis pelanggaran sebagai fokus penindakan, diantaranya penggunaan handphone saat berkendara, pengemudi di bawah umur dan pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.

Kemudian pengendara yang tidak menggunakan helm SNI dan sabuk pengaman, berkendara dalam pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus lalu lintas, serta berkendara melebihi batas kecepatan.

"Apabila terjadi pelanggaran, maka akan dilakukan penerapan tilang secara elektronik melalui ETLE, juga akan diterapkan tilang manual bagi pelanggaran secara kasat mata," imbuhnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan patroli cooling system atau duduk bareng bersama masyarakat tersebut, imbauan dan sosialisasi terkait pelaksanaan Ops Patuh Krakatau 2024 bisa dengan mudah diterima, didengar dan diketahui oleh masyarakat, sehingga terciptanya Kamseltibcar lantas diwilkum Polres Lampung Tengah.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan disertai pemberian hadiah oleh Kapolres Lampung Tengah bagi masyarakat yang bisa menjawab pertanyaan dari Kapolres maupun Kasat Lantas seputar Operasi Patuh Krakatau 2024.

Share this post