Ops Zebra Krakatau 2024, Satlantas Polres Metro Himbauan Kepada Pelanggar di SP Masjid Taqwa

15/10/2024 20:30:00 WIB 183

tribratanews.lampung.polri.go.id. Metro, (15/10) – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro menggelar Operasi Zebra Krakatau 2024 di Kawasan simpang pertigaan Masjid Taqwa Kota Metro. Kegiatan yang dimulai pagi ini bertujuan dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalulintas demi terwujudkan kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

Dalam operasi ini, petugas tidak hanya menindak pelanggar aturan lalu lintas, seperti pengendara tanpa helm atau pengemudi kendaraan yang tidak membawa surat-surat lengkap, tetapi juga memberikan edukasi dan himbauan kepada pengguna jalan.

"saat ini kami mengutamakan pendekatan persuasif dan humanis agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya keselamatan di jalan raya," ujar Kepala Satlantas Polres Metro, IPTU [Nama Kepala Satlantas].

Selain memeriksa kelengkapan kendaraan dan surat-surat, petugas juga mengingatkan pengendara agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta tidak menggunakan ponsel saat berkendara. Sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk menciptakan tertib berlalu lintas di Kota Metro.

Operasi yang digelar selama dua pekan ke depan ini dimulai dari tanggal 14 Oktober sampai 27 Oktober, masyarakat diimbau untuk selalu menghindari pelanggaran dalam operasi ini.

Adapun 9 (Sembilan) Prioritas Pelanggaran, sebagai berikut :

1. Menggunakan Handphone Saat Berkendara
2. Pengemudi Pengendara Dibawah Umur
3. Pengendara SP. Motor Berboncengan Lebih dari 1 Orang
4. Berkendara Melebihi Batas Kecepatan
5. Tidak Gunakan Helm SNI dan Safety Belt
6. Berkendara dalam Pengaruh Konsumsi Alkohol
7. Pengendara yang Melawan Arus Lalu Lintas, dan
8. Kendaraan Odol (Overloading dan Overdimension)
9. Kendaraan Parkir di Bahu Jalan Tol

Dengan operasi ini, diharapkan tercipta kondisi lalu lintas yang lebih aman, tertib, dan lancar di seluruh wilayah Kota Metro dalam mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Share this post