https://tribratanews.lampung.polri.go.id/vendor/bin/
Persiapkan Diri dan Kendaraan Ketika akan Mudik.
28/03/2024 09:20:00 Views : 1428

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. LAMPUNG-Polres Lampung Selatan, Polda Lampung, menerjunkan sebanyak 587 personel guna memastikan keamanan dan kelancaran bagi para pemudik Lebaran 2024.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan pihaknya telah menyiapkan infrastruktur dan pengamanan jalur mudik lebaran tahun 2024 di beberapa titik di wilayahnya.

"Data sementara itu 587 personel, tapi nanti kita pastikan lagi karena kita akan melibatkan pemangku kepentingan terkait lainnya yang akan kita sebar di beberapa titik, dan juga pergantian BKO dari Polda Lampung," kata AKBP Yusriandi Yusrin, Kamis (28/03/2024)

Menurutnya, jumlah pemudik akan meningkat yang cukup signifikan, oleh karena itu pihak Polres Lampung Selatan menyiapkan 11 pos pada arus mudik dan balik ini untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pemudik.
Ia mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan pelayanan pengawalan terhadap pemudik roda dua yang akan melintasi Lampung Selatan.

"Jadi pengawalan itu masih tetap berlaku, artinya untuk saudara-saudaraku yang nantinya akan melakukan mudik dan melintasi Lampung Selatan kami akan melakukan pengawalan secara estafet," kata dia.

Pengawalan itu akan dikhususkan pada malam hari dimana untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan tindak kejahatan di jalanan.

Ia berharap aparat kepolisian di Lampung Selatan harus lebih tanggap dan jeli melihat situasi. Sebab, keberadaan anggota di lokasi rawan kemacetan dan penumpukan kendaraan sangat berpengaruh dalam pengamanan arus lalulintas pemudik nantinya.
Ia pula menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi lonjakan kepadatan di Pelabuhan Bakauheni pada arus mudik dan balik lebaran tahun 2024.

"Kami akan menyiapkan rekayasa lalu lintas sama seperti tahun-tahun kemarin, yakni untuk mengantisipasi lonjakan penumpukan kendaraan di area pelabuhan," ujarnya.
Selanjutnya Yusriandi mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket dari jauh hari.

Petugas akan memutarbalik kendaraan yang belum memiliki tiket saat memasuki Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.
Untuk diketahui, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri mulai 11 Desember 2023.

Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.
Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket feri dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan.

Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.


-->