Personel Polda Lampung AKP Dyvia Ardianto mengikuti Studi Banding Sistem Kepolisian di Jepang Angkatan XX T.A.2022

21/09/2022 08:49:00 WIB 216

Tribratanews.lampung.polri.go.ig - Polda Lampung

Sebagai organisasi yang berkembang selaras dengan peradaban, Kepolisian Negara Republik Indonesia selalu terbuka dengan perubahan. Hal ini dilakukan tentunya untuk perbaikan sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan lebih baik dan professional. Untuk itu, Kepolisian Negara Republik Indonesia tidak pernah berhenti untuk mencari referensi terkait Sistem Kepolisian untuk dapat diadopsi, termasuk Sistem Kepolisian Jepang. Terlebih, Jepang dan Indonesia memiliki banyak kesamaan sebagai negara Kepulauan.

Hubungan kemitraan antara Kepolisian Jepang dan Indonesia yang sudah terjalin selama 20 tahun dan telah dilaksanakan 20 kali program Studi Banding Sistem Kepolisian di Jepang yang merupakan program dari Japan International cooperation Agency (JICA). Dengan adanya program ini diharapkan  agar kemitraan antara Kepolisian Indonesia dengan Kepolisian Jepang semakin erat, dan para peserta dapat menjadi penghubung antar Kepolisian kedua negara

“tahun ini Program studi banding dapat dilaksanakan setelah 2 tahun dihentikan dikarenakan pandemi covid-19. Peserta program yang berjumlah 12 orang ini semoga bisa menimba ilmu sebanyak mungkin tentang Kepolisian Jepang serta Budaya yang ada di Jepang sehingga dapat diaplikasikan ketika kembali ke Indonesia dan dapat memiliki manfaat bagi Kepolisian Indonesia. Disampaikan juga bahwa Kepolisian memegang peranan penting dalam masyarakat dan memegang tanggung jawab untuk kesejahteraan masyarakat sehingga perlu di dukung dengan kredibilitas anggota Kepolisian yang bekerja dengan semaksimal mungkin dan memiliki mental yang kuat untuk dapat mengatasi permasalahan masyarakat” ujar Kepala Criminal Investigation and Police Cooperation (CICP) Akpolnas Jepang, Senior Commissioner Kondo, Pada saat pembukaan kegiatan.

Di lain Pihak AKP Dyvia Ardianto menjelaskan bahwa “Program tahun ini difokuskan pada Polmas dan dilaksanakan di dua tempat yaitu di Akpolnas  / National Police Academy of Japan dan Prefektur Ibaraki. Program studi banding ini berlangsung mulai tanggal 16 September sampai dengan 22 Oktober 202”katanya.

Lebih lanjut ia menerangkan “Para Peserta yang mengikuti studi banding ini  sebelumnya telah melalui rangkaian seleksi dan telah di wawancarai oleh 6 Penguji baik dari Polri maupun dari pihak JICA Jepang. Dari jumlah peserta awal yang diseleksi berjumlah 100 peserta, telah terpilih 12 orang personel Polri sebagai berikut” : 

1.            Kompol Ratna Quratul Ainy S.I.K., M.Si (PS Kapolsek Metro Penjaringan Polres Metro Jakut);         

2.            Kompol Lilik Ardhiansyah, S.H., S.I.K., M.I.R (Kasubbag Mindok Baginfopers Robinkar SSDM Polri);

3.            Kompol Gali Atmajaya, S.Kom., S.I.K., M.M (Wakapolres Batang Polda Jateng)

4.            Kompol Charles P Tampubolon, S.H., S.I.K (PS Kabagbinopsnal Ditreskrimsus Polda Sulteng);

5.            Kompol Ivan Adhitira,S.I.K., M.H. (PS Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi);

6.            Kompol Tony Priyanto, S.H., S.I.K. (Wakapolres Sleman Polda DIY);

7.            Kompol Misbachul Munir, S.I.K. (PS Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Papua Barat);

8.            Kompol Dony Cancero, S.I.K., S.H. (Sespripim Polda Papua);

9.            AKP Vifa Fibriana Sari, S.H., S.I.K., M.H. (Kasat Lantas Polres Lhokseumawe Polda Aceh);

10.          AKP Angga Surya Saputra, S.I.K., M.Si., M.S.S (Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priuk);

11.          AKP Adipta Wisnu, S.IP., M.Si (Paur Subbag Binfung Bagrenmin Divhubinter Polri);

12.          AKP Dyvia Ardianto, S.I.K., M.A. (PS Kanit 2 Subdit 4 Ditintelkam Polda Lampung).

Share this post