Personel Polsek Metro Kibang Laksanakan Sholat Subuh Berjamaah Bersama Masyrakat

04/09/2024 20:10:00 WIB 136

tribratanews.lampung.polri.go.id. LAMPUNG TIMUR - Dalam rangka mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat serta meningkatkan keamanan di wilayah Desa Kibang, personel Polsek Metro Kibang melaksanakan sholat subuh berjamaah bersama warga di Masjid Al Mubaroqah didesa Kibang. Kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk menyampaikan himbauan penting terkait antisipasi kejahatan C3 (Curat, Curas, dan Curanmor) yang masih menjadi perhatian utama di wilayah tersebut. Rabu (4/9/24).

“Sholat subuh berjamaah yang dilaksanakan pada hari itu bukan hanya sekadar ibadah rutin, tetapi juga merupakan upaya Polsek Metro Kibang untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Kehadiran personel kepolisian di tengah-tengah warga pada waktu subuh menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Desa Kibang” ucapnya

Kapolres Lampung Timur AKBP Benny Prasetya melalui Kapolsek Metro Kibang AKP Andreas mengatakan, bahwa pendekatan ini dilakukan untuk membangun kepercayaan dan kerjasama antara polisi dan masyarakat. “Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap dapat lebih dekat dengan masyarakat, mendengarkan aspirasi mereka, serta bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap aman,” ujarnya.

Setelah melaksanakan sholat subuh, personel Polsek Metro Kibang menyempatkan diri untuk memberikan himbauan kepada jamaah yang hadir. Fokus dari himbauan ini adalah antisipasi terhadap kejahatan C3, yaitu pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Personel kepolisian mengingatkan warga untuk selalu waspada dan tidak lengah dalam menjaga harta benda mereka. Beberapa tips yang disampaikan antara lain:
• Selalu kunci pintu dan jendela rumah saat hendak tidur atau meninggalkan rumah.
• Parkir kendaraan di tempat yang aman dan pastikan kendaraan terkunci dengan baik.
• Jangan mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal dan selalu berhati-hati dalam berinteraksi dengan orang baru.
• Laporkan segera kepada pihak kepolisian jika melihat hal-hal yang mencurigakan di sekitar lingkungan.

Polisi juga mengajak warga untuk mengaktifkan kembali ronda malam atau siskamling (sistem keamanan lingkungan) sebagai upaya pencegahan kejahatan di lingkungan mereka. Dengan adanya siskamling, potensi terjadinya kejahatan dapat diminimalisir karena adanya pengawasan secara rutin oleh warga.

“Kegiatan sholat subuh berjamaah ini mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. Warga merasa lebih tenang dengan kehadiran polisi yang tidak hanya bertugas secara formal, tetapi juga terlibat langsung dalam kegiatan keagamaan dan social” tambhanya

Dengan terjalinnya kedekatan ini, diharapkan masyarakat kecamatan Metro Kibang akan semakin aktif dalam menjaga keamanan lingkungan mereka. Polsek Metro Kibang juga menegaskan komitmennya untuk terus berkolaborasi dengan masyarakat demi menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

“Melalui kegiatan seperti ini, Polsek Metro Kibang berharap dapat terus memperkuat sinergi antara kepolisian dan masyarakat, sehingga kejahatan C3 dapat ditekan dan keamanan di Desa Kibang tetap terjaga dengan baik.” tutupnya

Share this post