Polda Lampung menggelar Upacara Hari Juang Polri di Lapangan Apel Mapolda Lampung

21/08/2024 10:20:00 WIB 70

tribratanews.lampung.polri.go.id. BrimobLampung - Upacara Hari Juang Polri dipimpin langsung Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika merupakan upacara pertama kali yang diadakan setelah ditetapkannya tanggal 21 Agustus sebagai Hari Juang Polri. Rabu (21/8/2025)

“Hari ini adalah pertama kali nya dilaksanakan Upacara Hari Juang Polri sesuai dengan keputusan Kapolri pada bulan Januari 2024, kita sama sama berharap pelaksanaan upacara ini dapat menjadi penyemangat bagi kita para generasi muda Polri untuk memberikan pengabdian terbaik dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat”, ujar Kapolda.

Peringatan Hari Juang Polri bertepatan dengan peristiwa sejarah pembacaan teks proklamasi polisi pada tanggal 21 Agustus 1945 oleh Inspektur Polisi Istimewa Kelas 1, Mohammad Jasin yang menyatakan kedudukan serta sikap kesetiaan polisi pada NKRI. Peristiwa ini juga merupakan momentum untuk mengenang perjuangan para polisi dalam menjaga kemerdekaan dan keutuhan negara.

Ditetapkannya tanggal 21 Agustus 2024 sebagai Hari Juang Polri sesuai dengan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/95/I/2024 tanggal 22 Januari 2024 tentang Hari Juang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Peristiwa tersebut merupakan momentum penting yang memicu semangat anggota polisi untuk mendukung dan mempertahankan kemerdekaan RI dengan cara melakukan perlawanan terhadap kedatangan sekutu sampai dengan terjadi peristiwa 10 November 1945, dan perlawanan penjajahan Belanda dan Jepang di beberapa daerah. Nilai kejuangan inilah yang patut dipertahankan dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.
 

Share this post