Polres pesisir barat Gelar Rikmin Awal Penerimaan Calon Anggota Polri Tahun 2023

29/04/2023 11:23:00 WIB 1.344

https://tribratanews.lampung.polri.go.id       Polres Pesisir barat melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri Gelombang II Tahun 2023 bertempat di gedung serba guna selalu, Labuhan Jukung Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat, Jum'at (28/4/23).

Kegiatan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal yang digelar tersebut dilaksanakan selama 9 hari mulai Jumat (28/04) hingga Rabu (03/05) untuk Casis Bintara, Kamis (04/05) hingga Sabtu (06/05) Untuk Casis Tamtama, .

Kapolres Pesisir barat AKBP ALSYAHENDRA, S.IK, M.H melalui Kabag SDM AKP Ono Karyono S.H., M.H. menjelaskan Polres pesisir barat selaku Panitia Bantuan Penerimaan (Pabanrim) ditingkat Polres telah menerima berkas pendaftar.

" Total  Animo 120 Peserta yang mendaftar secara online, peserta yang terverifikasi 101 terdiri dari Casis AKPOL, Bintara Dan Tamtama, Namun Dalam pelaksanaan Khusus Verifikasi dan Rikmin Casis Akpol dilaksanakan oleh Panda Polda Lampung, Sedangkan Casis Bintara Dan Tamtama verifikasi dan Rikmin Dilaksanakan oleh Pabanrim Polres Pesisir Barat” kata Kabag SDM.

Adapun rincian dari para Peserta yang sudah teverifikasi dan selanjutnya mengikuti Rikmin Awal yaitu sebanyak 75  orang calon Bintara PTU dengan rincian 58 pria dan 17 wanita, 2 Peserta Pria  calon Bintara Bakomsus Nakes, 6 Peserta calon Bintara Brimob, 12 Peserta calon Tamtama Brimob dan 2 Peserta calon Tamtama Polair.

Kegiatan Rikmin awal kata AKP Ono Karyono, S.H, M.H yaitu memberikan himbauan terkait tata tertib pemeriksaan administrasi kepada casis Bintara dan tamtama kemudian dilanjutkan dengan mengadakan rapat panitia Rikmin baik dari internal maupun eksternal dalam menyamakan persepsi terkait pelaksanaan Rikmin yang akan di laksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 April 2023 yang akan dihadiri oleh tim Panda Polda Lampung

Pada pelaksanaan kegiatan Rikmin awal ini, berkas pendaftaran para calon Anggota Polri Tahun 2023 langsung diperiksa oleh Panitia Rikmin Awal Polres pesisir barat dengan melibatkan Tim Internal dan Eksternal.

Tim eksternal berasal dari Dinkes Peisisir Barat, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Pendidikan dari Pesisir Barat. Sedangkan tim internal dari jajaran Polres pesisir barat yaitu Bag SDM, Sat, dan Sie. dalam Hal Pengawasan Dilibatkan dari Internal yaitu Sie Propam dan Siwas, Pengawas Eksternal kami melibatkan LSM dan Wartawan.

“Pemeriksaan meliputi kelengkapan berkas-berkas pendaftaran serta pengukuran tinggi badan dan berat badan masing-masing pendaftar,” lanjutnya.

Kabag SDM juga menegaskan bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri ini masih menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis), Clean and Clear.

“Hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya,” tuturnya.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi awal di Polres Pesisir Barat para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya pada tingkat Polda Lampung.

Kepada para pendaftar agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun, masuk Polri tidak dipungut biaya alias gratis, imbaunya.

“Belajarlah dengan baik, persiapkan fisik dan juga mental, percayakan pada kemampuan diri sendiri dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Itu yang terpenting,” tutupnya.(*)

Share this post