Polri Pastikan Seluruh Peserta Demo Telah Dipulangkan

31/08/2024 16:20:00 WIB 140

tribratanews.lampung.polri.go.id. PMJ NEWS - Seluruh pendemo yang mengawal putusan MK di depan Gedung DPR RI yang diamankan sementara oleh Polda Metro Jaya telah dipulangkan. Hal ini telah dipastikan langsung oleh Polda Metro Jaya.

"Terkait adanya massa yang diamankan, massa berikut barang-barangnya sudah dipulangkan ke keluarganya,"kata Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol. Ade Ary Syam di Mapolda, Kamis (29/8/2024).

Ditamabhkan Ade Ary, Polri memiliki tugas dan fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Sehingga mau tidak-mau,  pasti akan terlibat dalam pengamanan unjuk rasa terkait apa pun juga.

“Dalam beberapa hari terakhir, Polisi terus melakukan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Ini karena Polri memiliki tugas Harkamtibmas, termasuk diantaranya mengamankan unjuk rasa menyampaikan pendapat dimuka umum,” kata Ade Ary.

Ade Ary melanjutkan, Polda Metro Jaya melakukan pengamanan demonstrasi sesuai standar operasional prosedur (SOP), dengan tetap menunjukkan sisi humanisnyanya.

"Seperti menyapa, memberi makan dan memberi minum massa aksi," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Ade, Polda Metro Jaya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan pihak lain yang menyampaikan pendapatnya secara tertib. Namun dia juga menyayangkan masih adanya oknum yang melakukan pengrusakan fasilitas umum.

“Beberapa kejadian, kami turut prihatin, masih disayangkan ada pengerusakan fasilitas umum, ada korban di pihak masyarakat. Dan ada juga anggota kami yang mengalami luka dalam pelaksanaan tugas pengamanan  tersebut,” ungkapnya.

Karena itulah, Polda Metro mengimbau masyarakat untuk terus menjaga situasi kamtibmas agar tetap tertib dan aman di lingkungannya masing-masing. Ary juga mengajak masing-masing melakukan evaluasi untuk keselamatan diri, untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Sumber PMJ NEWS 

Share this post