Presiden Jokowi Ajak Delegasi KTT G20 Tanam Mangrove di Bali

16/11/2022 17:05:00 WIB 527

https://tribratanews.lampung.polri.go.id       Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para Delegasi Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) mengunjungi Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali, Rabu 16 November 2022. Agenda kunjungan tersebut menanam pohon Mangrove bersama-sama.

Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Gubernur Bali Wayan Koster.

Semua delegasi menggunakan baju berwarna putih berlengan panjang yang bertuliskan G20 di sisi dada kiri.

Jokowi mengajak para delegasi KTT G20 untuk menanam pohon mangrove bersama-sama. Kemudian, Jokowi mengajak berkeliling Hutan Raya Mangrove yang dipandu oleh satu tour guide.

Kunjungan ke Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali, merupakan salah satu agenda resmi dari para delegasi G20 yang hadir di Bali.

Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali terletak di dua kabupaten yaitu kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Kawasan Taman Hutan Raya tercatat seluas 1.373,5 ha memiliki potensi berupa panorama alam yang indah dengan letak yang sangat strategis karena berada di pusat pertumbuhan bisnis dan pariwisata Bali.

Hutan mangrove sendiri adalah salah satu bagian penting paru-paru dunia yang berkontribusi dalam penyediaan udara bersih secara global. Biasanya hutan ini didominasi dengan tumbuhan berkayu dan tumbuh di sepanjang garis pantai dan subtropis.

Mangrove yang tumbuh berjajar menjadi benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut.

Hutan mangrove juga mempunyai beberapa keterkaitan dan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan manusia, baik fungsinya dalam penyediaan bahan pangan, papan, kesehatan, dan untuk lingkungan.

Share this post