Rizki Juniansyah Raih Emas, Ini Medali Angkat Besi Sepanjang Olimpiade

09/08/2024 17:00:00 WIB 1.246

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta, CNBC Indonesia - Atlet angkat besi tak berhenti mengharumkan nama Indonesia di ajang bergengsi Olimpiade. Angkat besi terus menyumbang medali di Olimpiade dan puncaknya adalah medali emas pada Olimpiade Paris 2024.

Medali emas baru saja disumbang atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah yang berjuang di nomor 73 kg putra pada Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena 6, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Rizki mempersembahkan emas sekaligus mengumandangkan lagu Indonesia Raya setelah berhasil mencatat total angkatan 354 kg dengan rincian 155 kg angkatan snatch dan 199 kg angkatan clean and jerk.

Deretan Medali Angkat Besi Indonesia

Angkat besi adalah cabor yang menjadi andalan Indonesia dan telah melahirkan banyak legenda mulai dari Raema Lisa Rumbewas hingga Eko Yuli Irawan.

Atlet angkat besi bahkan menjadi salah satu yang tampil pertama di Olimpiade. Indonesia pertama kali mengikuti Olimpiade pada 1952 yang digelar di Helsinki, Finlandia.

Saat itu, Indonesia mengirim tiga wakil terbaiknya yakni Ging Hwie Thio (angkat besi), Habib Suharko (renang), dan Maram Sudarmodjo (atletik).

Prestasi angkat besi Indonesia mulai mencuat sejak Olimpiade Sydney 2000 dengan menyumbang tiga medali yakni satu perak dan dua perunggu.

Atlet-atlet angkat besi Indonesia kemudian tidak pernah absen mempersembahkan medali di setiap keikutsertaannya.

Angkat besi bahkan menyelamatkan muka Indonesia setelah bulu tangkis gagal total di Olimpiade 2012 di London, Inggris.

Setelah lima kali gagal membawa emas, angkat besi akhirnya mampu mengakhiri penantian panjang di Paris. Rizki memutus mimpi buruk angkat besi yang gagal menyumbang medali emas sekaligus memperpanjang tradisi cabor tersebut mempersembahkan medali.

Berikut daftar medali cabang olahraga Olimpiade Indonesia dan nama atletnya;

1. Olimpiade 2000

Tiga Sri Kandi Indonesia menyumbang tiga medali sekaligus pada Olimpiade Sydney Australia. Adalah Lisa Rumbewas yang mengawali tradisi panjang perolehan medali angkat besi.
Lisa meraih perak dari nomor 48 kg putri. Dua atlet putri lainnya juga menyumbang perunggu yakni Sri Indriyani dan Winarni Binti Slamet

2 Olimpiade 2004
Lisa Rumbewas lagi-lagi mengharumkan Indonesia dengan meraih perak pada Olimaiade Athena, Yunani.

3. Olimpiade 2008
Atlet angkat besi Indonesia bersinar di Beijing China dengan menyumbang tiga medali perunggu. Olimpiade ini juga menjadi lahirnya legenda Eko Yuli Irawan.
Medali disumbang Eko, Triyatno, dan Raema Lisa Rumbewas.

4. Olimpiade 2012
Atlet angkat besi menjadi penyelamat muka Indonesia di London, Inggris. Angkat besi menjadi satu-satunya cabor yang menyumbang medali setelah bulu tangkis gagal total dan tanpa medali.
Tak tanggung-tanggung, angkat besi menyumbang tiga medali yakni dua perak dan satu perunggu. Perak disumbang Eko Yuli Irawan dan Citra Febrianti.

5. Olimpiade 2016
Angkat besi menyumbang dua perak di Rio, Brasil yakni dari Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan

6. Olimpiade 2020
Eko lagi-lagi menyumbang medali di Tokyo, Jepang dengan mempersembahkan perak. Selain eko, dua atlet lainnya juga menyumbang dua medali perunggu dari Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah

7. Olimpiade 2024
Penantian panjang angkat besi Indonesia meraih emas berakhir di Paris,Prancis. Rizki mempersembahkan emas yang ditunggu-tunggu Indonesia di kelas 73 kg.

Sumber CNN Indonesia 

Share this post