Samakan Persepsi dalam Pengamanan Pilkada, Polres Tanggamus Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

26/08/2024 19:30:00 WIB 1.358

tribratanews.lampung.polri.go.id. Tanggamus - Dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) 2024, Polres Tanggamus menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Aula Wirasatya, Senin, 26 Agustus 2024.

Rapat ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan TNI dan pemerintah daerah, yang bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh pihak dalam Operasi Mantap Praja Krakatau 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Kapolres Tanggamus, AKBP Rivanda, S.I.K., yang didampingi oleh Danramil Kota Agung, Kapten Inf. Julian Abri, mewakili Dandim 0424 Tanggamus, serta Kasat Pol PP Tanggamus, Mashur, yang mewakili Pj Bupati Tanggamus.

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Rivanda menekankan pentingnya koordinasi dan saling berbagi informasi terkait potensi permasalahan yang mungkin timbul selama tahapan Pemilukada.

"Kegiatan ini adalah tentang sharing dan prediksi, memahami apa yang mungkin menjadi permasalahan dan bagaimana kita mengatasinya. Masing-masing pihak harus memahami fungsi dan peranannya dalam Operasi Mantap Praja ini," kata AKBP Rivanda.

Kapolres juga mengingatkan agar seluruh tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) saling berkoordinasi untuk memudahkan penyampaian informasi dan meminimalisir potensi konflik. Selain itu, ia mengimbau seluruh pihak untuk bijak dalam menggunakan media sosial selama berlangsungnya tahapan Pemilukada.

Kasat Pol PP Tanggamus, Mashur, menyatakan dukungannya terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak keamanan. "Kami mendukung penuh semua langkah yang diambil demi kelancaran dan keamanan Pemilukada 2024," ujarnya.

Sementara itu, Kapten Inf. Julian Abri mewakili Dandim 0424 Tanggamus, menegaskan bahwa TNI juga siap mendukung pengamanan dalam rangka menjaga kelancaran pesta demokrasi ini.

"TNI siap mendukung kegiatan ini demi bangsa dan negara, dengan harapan masing-masing pihak memahami tugasnya sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan," jelasnya.

Rapat ini dilanjutkan dengan paparan mengenai kesiapan pengamanan Pilkada 2024 yang disampaikan oleh Kabag Ops Polres Tanggamus. Selain itu, dilakukan koordinasi antara instansi terkait mengenai persiapan pengamanan pada tahap pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus.

Kegiatan ini diharapkan dapat memastikan bahwa seluruh pihak terkait siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama tahapan Pemilukada 2024, sehingga proses demokrasi di Kabupaten Tanggamus dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus secara resmi mengumumkan jadwal pendaftaran bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Tahun 2024.

Pendaftaran dibuka pada hari Selasa, 27 Agustus 2024 s.d. Rabu, 28 Agustus 2024, Pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB dan Kamis, 29 Agustus 2024, Pukul 08.00 s.d. 23.59 WIB di Kantor KPU Kabupaten Tanggamus. (*)

Share this post