Setum Polda Lampung Supervisi dan Sosialisasi Aplikasi Astina Polri di Polres Pringsewu

30/09/2024 13:40:00 WIB 146

tribratanews.lampung.polri.go.id Pringsewu - Tim Sekretariat Umum (Setum) Polda Lampung mengunjungi Polres Pringsewu untuk melakukan supervisi sekaligus sosialisasi dan pelatihan Aplikasi Terpadu Informasi Naskah Administrasi (Astina) Polri. Aplikasi Astina Polri merupakan sistem surat-menyurat elektronik yang dirancang oleh Setum Polda Lampung untuk mempermudah pengelolaan administrasi di lingkungan kepolisian.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Wicaksana Laghawa Polres Pringsewu pada Senin (30/9/2024), dan dihadiri oleh Kasium, para Paur Min, Kaurmintu Sat, serta operator dari berbagai unit Polres Pringsewu.

Wakapolres Pringsewu, Kompol Robi Bowo Wicaksono, dalam sambutannya saat membuka acara menyatakan bahwa Aplikasi Astina Polri dirancang untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan administrasi surat-menyurat di lingkungan Polri. Hal ini mencakup pengelolaan surat keluar, surat masuk, hingga proses pengarsipan yang lebih terstruktur dan modern.

“Implementasi Aplikasi Astina Polri ini bertujuan untuk mempermudah alur surat-menyurat dan pengarsipan, sekaligus mendukung prinsip transparansi serta mengurangi penggunaan kertas. Diharapkan dengan pelatihan ini, seluruh peserta dapat memahami sistem ini secara menyeluruh dan mengaplikasikannya dengan baik,” ujar Kompol Robi, mewakili Kapolres Pringsewu, AKBP M. Yunnus Saputra.

Sementara itu, perwakilan Tim Setum Polda Lampung, Ipda Iskandar, menekankan pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan administratif anggota Polres Pringsewu. “Kami berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius, dan tidak ragu untuk bertanya jika menemui kendala dalam menggunakan aplikasi Astina Polri,” tegasnya.

Pelatihan tersebut diisi oleh narasumber dari Setum Polda Lampung yang menjelaskan secara rinci berbagai fitur utama Aplikasi Astina Polri. Fitur-fitur yang disosialisasikan antara lain penyusunan surat, pengiriman dan penerimaan surat, disposisi, pelacakan, pengarsipan, hingga penerapan tanda tangan elektronik.

Dengan adanya Aplikasi Astina Polri, diharapkan proses administrasi di lingkungan Polres Pringsewu dapat berjalan lebih efisien, terorganisir, dan selaras dengan prinsip digitalisasi yang diterapkan di lingkungan Polri. (*)

Share this post