Tak Hanya Lezat, Ini Sederet Asupan Sehat untuk Merayakan Valentine Bersama Keluarga

15/02/2024 13:00:00 WIB 1.332

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta. Merayakan valentine tak selalu harus dengan pasangan kok. Bentuk selebrasi rasa cinta juga bisa ditunjukkan kepada keluarga yang selalu menyayangi dan peduli sepanjang kita hidup.

Nah, salah satu cara mengekspresikan rasa sayang yang berkesan bisa melalui makanan. Apalagi jika kamu meluang waktu untuk membuat sendiri makanan yang menyehatkan untuk dihidangkan, hari valentine akan jadi momen yang tak terlupakan untuk keluargamu.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (13/2/24), berikut sederet rekomendasi makanan sehat untuk disantap sembaring quality time dengan keluarga, antara lain:

1. Coklat hitam dan berry

Coklat sudah jadi barang wajib untuk merayakan valentine! Tapi, bagaimana kalau kita modifikasi dengan buah? Gunakan buah beri tanpa tambahan gula yang dilelehkan dan dicampur dengan agar-agar tanpa rasa, lalu tuang di mangkuk berisi beberapa berry beku dan potongan coklat. Tuang taburan keping coklat dan di atasnya dan dinginkan hingga siap dihidangkan.

Makanan ini tidak hanya mengandung buah alami tapi juga vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Tak hanya itu, tambahan gula alami dan protein dari coklatnya juga memberikan efek baik untuk tubuh.

2. Salmon

Hidangan satu ini bisa jadi opsi untuk menu makan malam keluarga. Salmon yang dipanggang dengan microwave menyediakan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

Tak hanya itu, orang dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi memiliki risiko kematian akibat kanker dan penyakit jantung lebih rendah, daripada mereka yang jarang mengkonsumsi asam lemak omega-3. Makan lebih banyak ikan berminyak juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 lho!

3. Popcorn coklat

Satu lagi olahan coklat yang bisa menyehatkan dan enak disantap saat menonton film bersama keluarga. Camilan popcorn ini rendah kalori dan sumber serat.

Selain itu, antioksidan flavonoid dari dari coklat juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dengan cara mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas. Camilan ini juga kaya akan antioksidan sehat yang disebut polifenol.

Cara membuatnya mudah, cukup masukan biji popcorn ke panci yang sudah dipanaskan lalu goyangkan hingga meletup. Setelah itu lelehkan coklat dan kayu manis lalu tuangkan ke popcorn. Aduk agar tercampur dan diamkan hingga coklat mengeras sebelum dimakan.

4. Kacang

Opsi camilan sehat valentine lainnya adalah kacang. Satu ons kacang pohon umumnya menyediakan 6 gram protein, 13 gram lemak yang menyehatkan jantung, dan banyak vitamin serta mineral. Mencampurkan kacang berlapis coklat juga memberikan kandungan nutrisi yang sama dengan kacangnya, dengan tambahan sekitar 13 gram gula.

5. Oysters

Oysters atau tiram memiliki kandungan zync yang tinggi. Dengan mengonsumsinya, kamu dan keluarga akan mendapat sejumlah manfaat kesehatan. Contohnya seperti cepatnya penyembuhan luka serta peningkatan sistem kekebalan untuk melawan infeksi dan mikroba.

Kandungan zat besinya yang tinggi juga membantu melancarkan peredaran darah dengan membentuk sel darah merah.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa disantap untuk merayakan valentine bersama keluarga. Menyiapkan makanan sehat adalah bentuk rasa sayang kita terhadap keluarga

Sumber :
https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post