Tak Hanya Lezat, Ini Sederet Manfaat Ubi Cilembu bagi Kesehatan

27/08/2024 20:30:00 WIB 1.368

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta. Ubi cilembu atau yang dikenal dengan sebutan “ubi madu,” merupakan salah satu varietas ubi jalar yang berasal dari Cilembu, sebuah daerah di Jawa Barat, Indonesia.

Ubi ini memiliki ciri khas yaitu rasa manis yang lembut dan tekstur pulen, terutama ketika dipanggang. Tak hanya nikmat sebagai camilan, ubi cilembu juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Tak hanya menawarkan rasa yang lezat, tetapi juga menyimpan sejumlah nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk kandungan kalorinya sendiri, per 100 gram ubi cilembu mengandung 86 kalori.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (22/8/24), berikut sederet manfaat ubi cilembu bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam bentuk betakaroten yang tinggi pada ubi cilembu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Betakaroten dapat membantu mencegah gangguan penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula yang sering terjadi pada lansia.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kombinasi vitamin C dan betakaroten dalam ubi cilembu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mendorong produksi sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi, sementara betakaroten melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat yang terdapat dalam ubi cilembu membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus, yang penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

4. Mengatur gula darah

Ubi cilembu mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Karena karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan, lonjakan gula darah dapat dihindari. Itulah yang membuat ubi ini aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan potasium, serat, dan vitamin B6 dalam ubi cilembu bisa memberikan manfaat pada kesehatan jantung. Potasium membantu mengendalikan tekanan darah, sementara serat dan vitamin B6 membantu menurunkan kadar kolesterol dan homosistein. Nah, keduanya berperan dalam mencegah penyakit jantung.

6. Mencegah anemia

Zat besi yang ada dalam ubi cilembu sangat penting untuk mencegah anemia. Zat besi membantu produksi hemoglobin, yang bertanggung jawab mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

7. Menguatkan tulang

Magnesium dan potasium dalam ubi cilembu mendukung kesehatan tulang dengan menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Keduanya bekerja sama untuk memastikan tubuh memiliki cadangan mineral yang cukup untuk tulang yang kuat dan sehat.

8. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam ubi cilembu berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A mendorong pergantian sel kulit yang sehat, sementara vitamin C mendukung produksi kolagen, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.
 

Sumber https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post