Terendam Banjir, 41 TPS di Tulang Bawang Terpaksa Dipindahkan

13/02/2024 18:56:00 WIB 1.332

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.    Tulang Bawang - 41 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 berada di tiga kecamatan terletak di Kabupaten Tulang Bawang harus direlokasi akibat terendam banjir.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulang Bawang, Reka Punata mengatakan, relokasi ke-41 TPS itu meliputi Kecamatan Rawapitu, Gedong Aji Baru, dan Rawajitu Selatan.

"Kita relokasi dikarenakan banjir terjadi mulai 10-11 Februari kemarin, hari ini sudah mulai surut," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (13/2/2024).

Katakan Reka, relokasi ini bentuk upaya antisipasi banjir susulan dapat kembali merendam wilayah setempat saat proses pemungutan suara Pemilu berlangsung pada 14 Februari 2024.

"Kita sebelumnya sudah tetapkan titik kordinat tiap TPS, ternyata tanggal 10 kemarin hujan dan banjir. Jadi kita relokasi," ucapnya.

Pemicu banjir ini disebut akibat curah hujan tinggi hingga air kiriman melanda wilayah tiga kecematan tersebut. "Melihat kondisi cuaca hujan terjadi beberapa hari terakhir, walaupun saat ini sudah surat tapi kita antisipasi," tambah dia.

Reka menyampaikan, langkah relokasi ini sudah sesuai mekanisme pertarungan berlaku seperti memindahkan TPS ke lokasi lebih aman, namun masih berada di perkampungan setempat.

Relokasi TPS itu dengan memanfaatkan lokasi-lokasi memiliki daratan tinggi, serta manfaat gedung sekolah hingga gudang-gudang penduduk.

"Situasi sampai hari ini aman, insyaAllah dengan relokasi ini besok kita bisa tetap melangsungkan pemilihan," katanya.

Bila hujan kembali mengguyur hingga merendam akses jalan menuju TPS telah direlokasi, Reka menyampaikan, pihak telah meminta petugas KPU di tingkat desa hingga kecamatan sigap memastikan suara pemilih bisa tetap tersalurkan.

Terutama, menyambangi dan menjemput langsung rumah-rumah pemilih lansia hingga disabilitas untuk datag ke TPS-TPS.

"Untuk sosialisasi lokasi TPS telah direlokasi tidak ada masalah, karena masing-masing TPS baru masih berdekatan dengan TPS lama," tutupnya.

Share this post