Terungkap! Ini 3 Lokasi Rumah Sakit yang Tipu BPJS Kesehatan

05/08/2024 17:40:00 WIB 1.308

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta, CNBC Indonesia-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan lokasi rumah sakit yang diduga melakukan fraud klaim ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan rumah sakit itu ada di 3 kota, yakni Magelang, Binjai dan Langkat.
"Ini RS swasta, dari Magelang, Binjai dan Langkat," kata Pahala lewat pesan teks, Jumat, (26/7/2024).

Pahala melanjutkan rumah sakit di Magelang diduga melakukan fraud dengan jumlah Rp 29 miliar. Sementara, rumah sakit di Binjai Rp 4 miliar dan Langkat Rp 1 miliar.

Sebelumnya, KPK bersama Kementerian Kesehatan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta BPJS Kesehatan mengungkap temuan fraud terkait klaim Jaminan Kesehatan Nasional. KPK menyebut ada 3 rumah sakit yang diduga mengajukan klaim tagihan fiktif ke BPJS kesehatan. Satu rumah sakit disebut berada di Jawa Tengah dan dua di Sumatera Utara.

KPK menyebut ketiga rumah sakit menggunakan modus phantom billing. Phantom billing atau tagihan fiktif dilakukan dengan cara pihak rumah sakit menagih biaya perawatan kepada BPJS, padahal sama sekali tidak melakukan perawatan. Nama pasien hanya dicatut untuk kebutuhan penagihan klaim ini. Kerugian BPJS akibat ulah rumah sakit ini mencapai Rp 34 miliar.

KPK akan membawa kasus ini ke ranah pidana. Sementara, Kementerian Kesehatan menyiapkan sanksi kepada rumah sakit dan tenaga kesehatan yang terbukti terlibat dalam kasus ini.

Sumber NCBC INDONESIA

Share this post