Timnas Indonesia VS Maroko, Polri mengerahkan 3.276 personel

16/11/2023 12:14:00 WIB 1.537

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.      Surabaya. Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Jawa Timur, Kombes. Pol. Puji Santosa, S.H., M.M., mengatakan jelang pertandingan antara timnas Indonesia melawan Maroko, Polda Jatim akan mengerahkan 3.276 personel.

Dalam kesempatannya ia menyebut bahwa personel itu akan ditempatkan di beberapa titik yang sudah di tentukan sesuai arahan.

“Untuk pengamanan di stadion akan dikerahkan sebanyak 2.886 yang terdiri dari gabungan TNI dan Polri. Sisanya, sebanyak 349 akan disiapkan untuk pengamanan di rute-rute tertentu,” ujarnya, Rabu (15/11/23)

Kombes. Pol. Puji Santosa, menambahkan, pada pengamanan gelaran Piala Dunia U -17 ini, Polda Jatim juga menerapkan metode pendekatan ramah anak.

“Penerapan metode child friendly (pendekatan) ramah anak tetap kita lakukan,karena banyak penonton anak-anak yang juga menyaksikan pertandingan,” jelasnya.

Dalam menyiapkan pengamanan tersebut Karo Ops Polda Jawa Timur telah menyiapkan di ring tiga.

Pembagian lokasi pengamanan juga diterapkan secara berbeda dibanding menggelar kompetisi tanah air. Polda Jatim melakukan pengamanan sesuai dengan prosedur FIFA.

“Kalau yang biasanya kami tampilkan di depan seperti saat Liga 1 dan Liga 2. Saat kompetisi kami tampilkan di zona (ring) 1. Untuk kali ini kami bagi menjadi empat zona. Posisi Polri adalah di zona 2, 3, dan 4,” jelasnya.

Sebelumnya, sekitar 350 personel anggota Polri dari berbagai satuan kerja mendapat latihan khusus yang ditempatkan di area stadion selama hari pertandingan. Itu merupakan personel gabungan dari Brimob, Reserse, hingga Lalu Lintas sebagai Steward.

Tak hanya Stadion GBT, pengamanan juga dilakukan termasuk venue yang digunakan sebagai tempat latihan, yakni Stadion Gelora 10 November 2023, Lapangan THOR, dan Lapangan A-C Kompleks Stadion GBT.

“Personel yang dilibatkan tersebar di wilayah Surabaya, mulai dari bandara (Bandar Udara Internasional Juanda), pengamanan lokasi hotel dan latihan. Kemudian pengamanan rute serta di lokasi kegiatan di Stadion Gelora Bung Tomo,” tutupnya

Sumber :
https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post