Tips Untuk Mengatasi Telapak Kaki yang Pecah-pecah

18/02/2024 11:20:00 WIB 1.252

https://tribratanews.lampung.polri.go.id Jakarta. Akhir-akhir ini cuaca sedang panas terik di sejumlah daerah. Suhu cuaca panas seperti saat ini, tentu sangat merusak kecantikan bagian bawah kaki.

Banyak hal yang bisa menyebabkan kaki kering, seperti kurang minum air, dehidrasi, suhu dingin. Serta bisa juga karena suhu panas, sering berendam air panas, dan sering menggunakan sepatu atau high heels.

Kaki pecah-pecah memang tidak berbahaya dan umum dialami oleh banyak orang. Namun demikian, jika kaki dibiarkan kering dan pecah-pecah, sehingga retakannya jadi semakin dalam. Maka bisa membuat Anda kesakitan atau merasa tidak nyaman saat berdiri atau berjalan. Namun jangan khawatir, bisa mengembalikan kecantikan kaki dengan beberapa cara.

Berikut ini berbagai trik untuk mengatasi telapak kaki yang pecah - pecah, dirangkum dari rri.co.id, antara lain:

1. Rendam Kaki

Setelah seharian beraktivitas, tidak ada salahnya jika kaki direndam di dalam air hangat. Selain bisa merelaksasi otot-otot kaki yang seharian beraktivitas, juga bisa mendapatkan kembali kelembapan kaki.

Jangan lupa campurkan beberapa bahan alami di rendaman air hangat, seperti campuran garam epsom dan lemon. Garam epsom memiliki kandungan magnesium yang mampu melancarkan peredaran darah kaki. Sedangkan, lemon memiliki kandungan asam yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada kaki Anda. Rendam kaki selama 10 hingga 15 menit pada air hangat yang telah dicampur dua bahan alami tadi.

2. Oles Kaki dengan Minyak Kelapa

Setelah merendam kaki, juga bisa langsung mengoles bagian kaki kering dengan campuran minyak kelapa. Selain sangat bermanfaat untuk bagian wajah kita, nyatanya minyak kelapa juga memiliki manfaat yang cukup banyak.

Manfaatnya untuk mengembalikan kelembapan bagian kaki. Sebaiknya gunakan kaos kaki yang sudah diolesi minyak kelapa agar bisa diserap dengan baik di pori-pori.

3. Masker Kaki dengan Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kandungan seperti magnesium, vitamin B6, mangan, dan serat menjadikan pisang sebagai salah satu buah yang bermanfaat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam merawat kulit kaki. Caranya mudah, haluskan beberapa buah pisang dan lumuri kaki dengan bubur pisang.

Diamkan selama 10 menit agar kandungan dari pisang menyerap ke dalam pori-pori kulit kaki, lalu bersihkan dengan air hangat. Jika Anda rutin melakukan ini selama 2 hingga 3 minggu, kulit kaki menawan bisa Anda miliki.

4. Gunakan Scrub Kaki dengan Campuran Baking Soda, Madu dan Gula

Selain dengan cara melembapkan kulit, untuk mengurangi kaki pecah-pecah juga bisa dengan menggunakan scrub dari bahan alami. Seperti campuran baking soda, madu, dan gula. Campurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk, lalu Anda bisa memulai untuk menggosok dengan lembut bagian kaki yang kering. Baking soda dan madu dipercaya memiliki nutrisi yang baik untuk kakimu yang kering dan pecah-pecah.

Sedangkan, gula berfungsi sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati dan bisa digunakan sebagai pelembap alami. Namun, sebelum memulai kegiatan scrubbing, ada baiknya rendam kaki terlebih dahulu agar lebih lembap dan kulit kaki akan lebih mudah untuk kamu gosok.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih merupakan cara untuk menjaga seluruh tubuh Anda terhidrasi. Mulai dari bibir, tenggorokan, bahkan sampai kulit kaki.

Penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan perbanyak minum air putih. Sehingga kulit kaki Anda yang kering dan pecah-pecah dapat teratasi, serta kembali halus, dan sehat seperti biasanya

Sumber :
https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post